Dulu jadi ketua tim relawan, Suhartono kini jadi penantang petahana di Pilkada Siak

id Pilkada Siak 2024, ketua tim relawan, penantang petahana Siak

Dulu jadi ketua tim relawan, Suhartono kini jadi penantang petahana di Pilkada Siak

Suhartono ketika mengembalikan formulir pendaftaran ke Partai Demokrat. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Mantan Calon Bupati Siak pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2015, Suhartono kembali menyatakan maju pada Pilkada 2024. Hal itu dibuktikan dengan sudah mendaftar ke sembilan partai politik yang memiliki kursi di DPRD Siak.

Tak hanya itu, dia juga menegaskan siap menantang petahana Bupati Siak, Alfedri yang mana pada Pilkada tahun 2020 lalu, Suhartono adalah ketua tim relawannya. Hal tersebut dikatakannya usai mengembalikan formulir pendaftaran ke tiga partai di Siak yakni Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Kamis.

"Kehadiran kami serius untuk maju di Pilkada Siak. Kita sudah perhitungkan walaupun 2020 kami jadi ketua tim relawan petahana, tapi hari ini kami punya kepentingan tersendiri," katanya.

Dia mengatakan sudah ada 9 parpol yang mendorong dan menerima pemgembalian berkas pendaftarannya. Pertama dari Partai Gerakan Indonesia Raya dia mengaku didorong untuk maju dan sudah membuat kartu standar anggota yang tinggal persetujuan dari Dewan Pimpinan Daerah dan Pusat.

Kemudian dirinya sudah mengembalikan formulir ke Partai Nasional Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Persatuan Indonesia pada Rabu kemarin (8/5). Selanjutnya tiga partai Kamis ini.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat, Syamsurizal Budi mengatakan sosok Suhartono tidak asing lagi karena pihaknya juga mengusung pada Pilkada 2015 lalu. Dengan pernah bergerak bersama diharapkan bisa memperbaiki kekurangan yang ada.

"Demokrat pada pemilu lalu berkurang kurai menjadi dua, tapi mudah-mudahan bisa kembali diusung. Terlebih lagi Pak Suhartono juga pernah menjadi calon Demokrat baik Pilkada maupun Pemilihan Legislatif. Kita berharap bisa menjadi calon bupati dan mengayomi semua partai untuk membangun Siak dengan bersama-sama," ungkapnya.

Di tempat lain, Sekretaris DPC PDIP Siak, Joko Susilo usai menerima pengembalian formulir Suhartono mengatakan sosok tersebut bukan orang baru bagi baginya. Dia mengenal dengan kepribadian dan sosoknya bukan hanya sebagai Cabup 2015, tapi juga DPRD Siak.

Terlebih lagi saat Pilkada 2015 lalu maju dengan calon wakil bupati yakni Ketua DPC PDIP saat ini, Syahrul. Dikatakannya tak menutup kemungkinan bisa berpasangan kembali.

"Kita berharap lahir pemimpin yang visioner, yang mampu menyelesaikan yang tak terselesaikan atau tidak diselesaikan. Sampai sampai saat ini sudah ada empat bakal calon yang mengembalikan formulir cabup di luar kader PDIP, Syahrul yakni Afni Zulkifli, Alfedri, Sugianto, dan Suhartono," ucapnya.