Polres Siak pasang stiker cahaya pada truk di Tol Permai

id Jalan Tol Permai, stiker cahaya truk, Satlantas Polres Siak

Polres Siak pasang stiker cahaya pada truk di Tol Permai

Pemasangan stiker cahaya atau "scotlight" pada bagian belakang truk di Jalan Tol Pekanbaru-Dumai oleh Satlantas Polres Siak. (ANTARA/HO-Polres Siak)

Siak (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Siak melaksanakan kegiatan pemasangan stiker atau tanda berwarna terang atau "Scotlight" di badan truk angkutan barang bagian belakang untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Kepala Satlantas Polres Siak AKP Fandri menyampaikan bahwa kegiatan dilakukan di tiga pintu Tol Pekanbaru-Dumai yang masuk wilayah Siak. Ketiganya yaitu Pintu Tol Minas, Kandis Selatan dan Kandis Utara, Kamis.

"Stiker ini sifatnya memantulkan cahaya, sehingga dengan demikian bisa memberikan tanda bagi pengemudi kendaraan lain yang ada di belakangnya," katanya.

Kegiatan ini, lanjutnya adalah salah satu bentuk upaya Polres Siak untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pasalnya di Jalan Tol Permai tersebut rata-rata dilewati oleh kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, tambah dia, di Jalan Tol ini juga kurang penerangan jalan. “Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat pengguna jalan, dan jangan ada lagi korban kecelakaan lalu lintas yang fatal di wilayah kita,” ujarnya menambahkan.

Dia mengimbau juga kepada pengusaha angkutan barang agar turut serta berperan aktif untuk mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas. Hal itu dengan memasang tanda yang bisa memantulkan cahaya, serta memastikan lampu kendaraannya berfungsi dengan baik.

Kemudian kepada seluruh pengemudi yang melewati Jalan Tol, Satlantas Polres Siak juga mengimbau kepada pengemudi agar mematuhi batas kecepatan yang sudah ditentukan yaitu 60-80 Kilometer/jam. Terlebih lagi peringatan tersebut telah terlihat jelas pada rambu jalan tol.

Teranyar terjadi lagi kecelakaan di Jalan Tol Permai ini yang menyebabkan tiga orang tewas pada hari Minggu lalu (21/4). Satu unit minibus menabrak bagian belakang truk yang berjalan lambat.

.