Polisi Pekanbaru waspadai kecurangan SPBU jelang Lebaran

id BBM jelang lebaran,Polresta Pekanbaru

Polisi Pekanbaru waspadai kecurangan SPBU jelang Lebaran

Satreskrim Polresta Pekanbaru saat mengecek ketersediaan BBM di SPBU (ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Satreskrim Polresta Pekanbaru mengecek dan memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di SPBU di Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, jelang Lebaran 2024, Jumat malam (29/3).

Tujuannya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat masyarakat menjalankan mudik lebaran Idul Fitri 1445 H.

Kanit Tipidter Iptu Budi Winarko, Sabtu, menjelaskan dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengecek ketersediaan BBM jenis bio solar, dexlite, pertalite serta pertamax turbo yang ada di SPBU tersebut.

"Kita juga melakukan pengecekan tangki besar BBM jenis solar, Dexlite, Pertalite dan Pertamax turbo. Apakah sesuai standar atau tidak," terangnya.

Iptu Budi menyebutkan pengecekan ini dilakukan untuk memastikan tidak ada praktik-praktik kecurangan di SPBU, seperti manipulasi meteran dispenser BBM.

"Kami imbau kepada pengusaha SPBU untuk tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen dan masyarakat serta laksanakan operasional SPBU sesuai dengan aturan," lanjutnya.

Ditambahkan Budi, pengecekan ini tidak hanya bertujuan memantau langsung kegiatan di SPBU, tetapi juga untuk membangun hubungan yang baik antara kepolisian dan pemilik usaha.

“Langkah-langkah ini juga menjadi bagian dari komitmen Polresta Pekanbaru untuk mendukung kelancaran arus mudik lebaran demi kepentingan bersama,” pungkasnya.