Fokus regenerasi, SSB belia Regional 3 PTPN IV sukses juarai turnamen perdana 2024

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Palmco

Fokus regenerasi, SSB belia Regional 3 PTPN IV sukses juarai turnamen perdana 2024

Anak-anak SSB PTPN IV Regional 3 berhasil meraih prestasi usai menjuarai kompetisi perdana di tahun 2024. (ANTARA/HO-PalmCo Regional 3)

Pekanbaru (ANTARA) - Sekolah sepakbola belia binaan Regional 3 PTPN IV PalmCo berhasil mengantarkan salah satu kelompok usai binaannya U-11 menjuarai kompetisi Festival 3 Naga Cup yang diikuti 28 tim di Provinsi Riau.

Keberhasilan itu merupakan buah manis dari konsistensi manajemen sekolah sepakbola yang bermarkas di komplek Region Office Regional 3 PTPN IV PalmCo, Jalan Rambutan, Kota Pekanbaru yang fokus dalam melaksanakan regenerasi.

"Bagi kami prestasi itu adalah bonus. Yang paling penting adalah konsistensi dan komitmen di lapangan hijau untuk mendidik anak-anak lebih siap dalam setiap kesempatan," kata Coach Yudi Rianto, pelatih utama U-11 SSB Regional 3 PTPN IV PalmCo di Pekanbaru, Jumat.

Didampingi Saiful Bahri yang juga pelatih U-11 SSB Regional 3 PTPN IV, Yudi menjelaskan dalam kompetisi yang berlangsung di Venue Tiga Naga Tumpal Sinaga Pekanbaru itu diikuti 28 tim yang terbagi ke dalam 4 grup. Anak-anak Kebun, julukan pesepakbola belia Regional 3 sendiri berada di grup D bersama dengan PCSS, Wahana, Patriot Muda, dan UIR.

Di babak grup, anak-anak kebun yang bertanding dengan format 8x8 selama 2x12 menit tersebut berhasil melewati lawan-lawannya tanpa terkalahkan dengan hasil dua kali seri dan dua kali menang.

Bahkan, di babak grup U-11 berhasil mencatatkan produktivitas gol cukup mencolok dengan melesatkan 6 gol serta nir kebobolan.

Yudi yang juga karyawan Sub Bagian TJSL Bagian Sekretariat Perusahaan tersebut melanjutkan di babak delapan besar, anak-anak kebun kembali berhasil mempersembahkan penampilan ciamik yang menenggelamkan Tunas Muda dengan skor 3-0.

"Pada babak semifinal kami melakukan rotasi pemain dan Alhamdulillah berhasil merebut kemenangan dari Universitas Riau dengan skor 2-0," ujarnya.

Maju ke babak final, konsistensi U-11 SSB Regional 3 PTPN IV PalmCo berhasil dipertahankan dengan merebut gelar juara usai menyingkirkan lawan kuat Wahana dengan skor tipis 1-0.

Keberhasilan pesepakbola usia dini itu menjadi prestasi pertama usai SSB tersebut berganti nama dari SSB PTPN V menjadi SSB Regional 3 PTPN IV PalmCo Pekanbaru.

Meski berhasil meraih gelar juara, Ketua SSB Regional 3 PTPN IV PalmCo Junniadi enggan jumawa dengan prestasi tersebut. Ia memilih menjadikan prestasi yang diraih itu sebagai pelecut dan motivasi bagi kelompok usia lainnya di bawah binaan SSB mulai dari U-10 hingga U-17 untuk terus mengukir prestasi.

"Ini menjadi modal yang baik menatap tahun 2024. Kami akan terus melakukan perbaikan, evaluasi, dan peningkatan agar dapat terus bersaing baik ditingkat regional maupun nasional," ujar pria akrab disapa Nedi itu.

Sejak berdiri 2010 silam, pembinaan pesepakbola usia dini di PTPN V yang kini berganti nama menjadi Regional 3 PTPN IV PalmCo pasca aksi korporasi perusahaan telah menorehkan beragam prestasi.

Dalam lima tahun terakhir, manajemen perusahaan juga terus memberikan dukungan pembinaan sepakbola usia dini, salah satunya memfasilitasi para pelatih mendapatkan lisensi kepelatihan. Sedikitnya lebih dari 20 pelatih telah mengikuti sertifikasi dengan dukungan dari Perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga turut menyiapkan sarana lapangan sepakbola di Jalan Rambutan, Kota Pekanbaru. Lapangan itu berdampingan dengan venue tennis indoor berstandar Internasional.

Untuk urusan kompetisi, siswa SSB menerima dukungan penuh baik di dalam dan diluar kompetisi. Hal ini terbayarkan dengan raihan prestasi "Anak-anak Kebun", julukan pesepakbola belia PTPN V yang acap menjadi juara pertandingan di berbagai tingkatan dan usia.