Pemko Pekanbaru minta masyarakat beli beras SPHP di RPK Bulog

id Rumah Pangan Kita, beras SPHP Bulog, harga beras Pekanbaru

Pemko Pekanbaru minta masyarakat beli beras SPHP di RPK Bulog

Beras SPHP yang bisa didapatkan di RKK Bulog. (ANTARA/HO-Pemko Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meminta warga untuk membeli beras Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) di 200 lebih Rumah Pangan Kita Badan Urusan Logistik (RPK Bulog) tersebar di 15 kecamatan di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

"Pemerintah melalui Bulog menyalurkan SPHP ke RPK. Ada 200 lebih RPK di Pekanbaru. Beras SPHP di RPK bisa diakses dengan relatif murah dan terjangkau," kata Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Rabu.

Dengan berbelanja di RPK, kata Ingot, diharapkan bisa mengendalikan harga beras yang kini mengalami kenaikan harga di pasaran. Masyarakat diminta tidak membeli di tempat selain itu apalagi di atas harga normal.

Kemudian kepada pengelola RPK, lanjut Ingot, diingatkan agar tidak menjual beras SPHP ke pengecer sebabhal itu akan memicu kenaikan harga SPHP di pasaran.

"RPK harus menyalurkan langsung ke masyarakat atau konsumen. Karena ada disinyalir SPHP ini oleh RPK disalurkan lagi ke pengecer dan itu tidak boleh. Itu tentu membuat harga menjadi tinggi, karena pengecer tidak pakai harga eceran tertinggi," tuturnya.

Oleh karena itu,Pemko Pekanbaru melalui Satuan Tugas (Satgas) Pangan akan melakukan pemantauan ke RPK Bulog. Karena disinyalir SPHP ini RPK disalurkan lagi ke pengecer dan itu tidak boleh dilakukan.

Untuk diketahui bahwa HET Beras SPHP yakni Rp11.500 per kilogram dan Rp57.500 untuk 5 kg. Sedangkan saat ini untuk beras premium belida di Pasar Pekanbaru sudah mencapai Rp16 ribu per kg dan Beras Anak Daro sudah Rp18 ribu per kg.