KPU Meranti kerahkan 126 pekerja melipat surat suara Pemilu 2024

id Pelipatan surat suara di Meranti ,KPU Meranti ,Pemilu 2024,Surat suara Meranti

KPU Meranti kerahkan 126 pekerja melipat surat suara Pemilu 2024

Para pekerja dari kalangan masyarakat melakukan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Kantor KPU Kepulauan Meranti, Senin (15/1/2023). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti mengerahkan 126 pekerja dari kalangan masyarakat untuk melipat surat suara Pemilu 2024.

"Ada 126 pekerja untuk melipat surat suara. Pelipatannya dimulai hari ini," ujar Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid melalui Divisi Parmas dan SDM, Hanafi,kepada ANTARA, Senin.

Untuk hari pertama, kata Hanafi, pelipatan surat suara dilakukan untuk surat pemilihan Presiden dan Wakil Presiden terlebih dahulu. Setelah selesai, besoknya baru untuk surat suara legislatif.

"Pelipatan surat suara ini kita targetkan maksimal 10 hari sudah selesai," tegas Hanafi.

Ia juga menyebutkan, pihaknya akan terus memantau pekerja selama pelipatan surat suara. Jika dalam jumlah saat ini memiliki kecepatan sesuai yang ditargetkan, maka tidak ada penambahan pekerja lagi.

"Kalau 126 orang ini dengan kecepatan sesuai dengan target, jadi tidak ada penambahan (pekerja). Namun kalau kemampuannya tidak sesuai, maka kita akan lakukan penambahan," sebutnya.

Selain itu, dikatakan Hanafi, para pekerja pelipat surat suara cukup melampirkan syarat administrasi berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebelum bekerja. Selama proses pelipatan surat suara berjalan, mereka tidak diperkenankan membawa alat komunikasi.

"Syarat administrasinya cukup melampirkan KTP saja. Namun selama di kantor KPU, pekerja tidak boleh membawa handphone. Saat itu mereka juga dilakukan pemeriksaan oleh pihak kepolisian sebelum melakukan pelipatan," tambahnya.

Baca juga: Dua kali pemilu berselisih, kini warga Sei Sepit Dumai sepakat damai

Baca juga: 151.753 surat suara pemilu telah sampai di Meranti