Bengkalis Matangkan Rencana Induk Pelabuhan

id bengkalis matangkan, rencana induk pelabuhan

Bengkalis Matangkan Rencana Induk Pelabuhan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis kini terus mematangkan Rencana Induk Pelabuhan (RIP) dengan program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang yang meliputi dua kawasan yakni Bengkalis dan Sungai Pakning.

"Khusus Bengkalis ke depannya akan dibangun pelabuhan induk permanen yang menggunakan dana APBN tahun 2013 dan dipusatkan di pelabuhan kargo desa Air Putih," kata Bupati Bengkalis Herliyan Saleh dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, untuk Sungai Pakning saat ini masih dalam tahap penyusunan draft dan akan diajukan tahun 2014 ini ke pemerintah pusat, lokasinya di pelabuhan Buruk Bakul.

Ia mengatakan, pelabuhan Buruk Bakul diajukan untuk mewujudkan Buruk Bakul sebagai kawasan industri pelabuhan, karena kini aktivitas bongkar muat kapal bukan di pelabuhan tapi masih dilakukan "ship to ship" (dari kapal ke kapal) di tengah perairan Bengkalis.

"Bengkalis segera memiliki pelabuhan induk, oleh karena itu penyusunan akhir RIP ini harus berpedoman kepada Rencana Induk Pelabuhan Nasional (RIPN), Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten," katanya.

Selain itu juga harus disesuaikan dengan keserasian dan keseimbangan dengan kegiatan lain terkait di lokasi pelabuhan, kelayakan teknis ekonomis dan lingkungan, keamanan dan keselamatan lalu lintas kapal.

Dengan demikian, katanya lagi, RIP dapat menjadi pedoman pembangunan pelabuhan yang bermanfaat bagi masyarakat, sehingga Rencana Induk Pelabuhan harus matang.

Sebelumnya Kabupaten Bengkalis adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Wilayahnya mencakup daratan bagian timur pulau Sumatera dan wilayah kepulauan dengan luas adalah 7.793,93 km persegi. Ibukota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera.

Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara sungai Siak, sehingga disebut bahwa pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Kota terbesar di kabupaten ini adalah kota Duri di kecamatan Mandau.

Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi yang menjadi sumber terbesar APBD-nya bersama dengan gas.

Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Bengkalis juga termasuk dalam salah satu program Indonesia Malaysia Singapore Growth Triangle (IMS-GT) dan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT).