Bengkalis Matangkan Persiapan Raih Adipura

id bengkalis matangkan, persiapan raih adipura

Bengkalis Matangkan Persiapan Raih Adipura

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis berpeluang meraih piala Adipura untuk kategori kota kecil setelah lolos berdasarkan penilaian tahap pertama dari Tim Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Riau sehingga sejumlah persiapan terus dimatangkan.

"Persiapan yang dimatangkan tersebut khusunya menyangkut penerapan budaya hidup bersih pada semua lapisan masyarakat, mulai dari masyrakat di ibukota Kabupaten Bengkalis hingga perdesaan," kata Pelaksana Harian Sekda Kabupaten Bengkalis, Amir Faisal di Bengkalis, Kamis.

Menurut dia, kebersihan harus menjadi budaya hidup masyarakat, jangan hanya semata-mata untuk mengejar piala Adipura saja gencar menjaga kebersihan.

Namun, kata dia, sebaiknya budaya bersih itu menjadi bagian dari kehidupan dan menjadi tanggungjawab masyarakat Kabupaten Bengkalis

"Kendati berdasarkan penilaian tahap pertama, Bengkalis berpeluang mendapatkan Adipura, diharapkan semua warga tidak terlena, sebab bisa saja pada penilaian tahap kedua, nilai yang diraih tersebut bisa tergeser dengan kota lain yang terus berbenah," katanya.

Karena itu, seluruh instansi terkait, seperti Dinas Pasar dan Kebersihan, BLH, camat, lurah dan kepala sekolah, untuk terus berkoordinasi dan giat melakukan sosialisasi tentang kebersihan tersebut.

Begitu juga dengan pemilik toko, diminta untuk menjaga lingkungan depan tokonya, seperti memelihara dan menyiram tanaman atau bunga.

Selain itu, tiap kantor pemerintah agar menyediakan tempat penampungan sampah yang dipilah sesuai dengan jenis sampah organik dan non organik serta sampah kertas dan plastik guna memudahkan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Sementara itu, pemaparan penilaian I (PI) dan pembahasan persiapan penilaian Adipura, program Adipura kategori kota kecil, disaksikan Kepala BLH Bengkalis, Arman AA, tim dari Badan Lingkungan Hidup, Achirunnas, Chandra Hutasoit dan Inamulyani.

Begitu juga utusan Camat Bengkalis, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Pasar dan Kebersihan, Kadir, Dinas Perhubungan dan Informasi dan komunikasi, Puskesmas, lurah dan sejumlah kepala sekolah.

Tim penilai dari BLH Provinsi Riau, Achirunnas mengatakan, masalah kebersihan ini menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Riau, karena jika 70 persen kota meraih piala Adipura, maka Provinsi Riau akan meraih penghargaan piala Adipura Praja.

Sejumlah lokasi yang menjadi penilaian meliputi pemukiman, jalan, pasar, kantor, pertokoan, sekolah, RSUD/puskesmas, tempat pembuangan akhir (TPA), taman kota, bank sampah dan pelabuhan.