Mahfud MD sebut kalau jadi pemerintah harus siap di segala bidang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Mahfud MD

Mahfud MD sebut kalau jadi pemerintah harus siap di segala bidang

Cawapres RI Mahfud Md. (tengah) saat memberikan keterangan di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (22/12/2023). (ANTARA/Rio Feisal)

Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. mengatakan bahwa menjadi pemerintah maka harus siap di segala bidang.

Mahfud mengemukakan hal itu ketika menanggapi tema debat kedua yang sebagian besar membahas perekonomian atau di luar bidang keahliannya, yakni hukum.

"Enggak apa-apa. Kalau mau jadi pemerintah, harus siap di segala bidang. Pemerintah itu bukan hanya pemerintahan di bidang hukum, pemerintahan di bidang ekonomi, pemerintahan di bidang budaya. Semua kalau pemerintah itu. Oleh sebab itu, harus siap," kata Mahfud di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat.

Sementara itu, dia mengatakan bahwa telah mempersiapkan diri dengan membaca materi yang berkaitan tema debat.

"Ya, saya mencoba menyeleksi dahulu, segini banyak. Ada yang lewat WA (WhatsApp, aplikasi perpesanan instan), ada yang lewat kertas, itu partisipasi kepada saya," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan tersebut.

Walaupun demikian, dia mengaku tidak membaca keseluruhan materi yang diberikan kepadanya karena debat menguji kemampuan seseorang, bukan kemampuan belajar terkait dengan tema debat.

"Terus terang saya tidak bisa membaca semuanya. Maka, ya saya coba olah dari itu secara random. Itu karena pada umumnya debat itu 'kan ingin merekam kemampuan saat berdebat," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana menggelar debat kedua capres/cawapres di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat, mulai pukul 19.00 WIB.

Debat kali ini merupakan debat perdana bagi calon wakil presiden. Tema debat cawapres kali ini adalah ekonomi, yang menyangkut ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Terdapat enam segmen dalam debat cawapres nanti. Segmen pertama ialah penyampaian visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima yakni pendalaman visi, misi, dan program kerja.

Moderator akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada seorang cawapres, lalu peserta debat yang lain akan saling menanggapi.

Segmen keenam atau penutup adalah masing-masing cawapres menyampaikan pernyataan penutup.

KPU RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Mahfud MD janji untuk perjuangkan hak ulayat dan adat

Baca juga: Sekjen BPP yakin Gibran akan mampu ungguli Muhaimin dan Mahfud MD saat debat