KPU Kampar gelar Kemah Demokrasi bagi pemilih pemula

id Kemah demokrasi, kpu kampar, berita riau, info kampar

KPU Kampar gelar Kemah Demokrasi bagi pemilih pemula

Para peserta kemah demokrasi yang digelar KPU Kampar. (ANTARA/HO-KPU)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kampar membuat terobosan baru dalam melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada generasi muda, dengan menggelar Kemah Demokrasi di tepian Sungai Subayang, Desa Gema, Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Sabtu (9/12/2023).

Acara yang mengangkat tema "Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa" ini dilaksanakan selama dua hari dan diikuti 50 orang peserta dari berbagai komunitas yang ada di Kecamatan Kampar Kiri Hulu. Antara lain Komunitas Bengkel Seni, Rumah Anyam, Trabas, camping ground dan penggiat UMK.

Para peserta yang umumnya anak muda ini mengikuti berbagai kegiatan antara lain diskusi pemilu, api unggun, senam bersama dan penampilan seni tentang Pemilu.

Dalam pemaparannya saat diskusi Pemilu Kemah Demokrasi, Anggota KPU Kabupaten Kampar DrsSardalis menyampaikan bahwa KPU Kampar selalu berusaha memberi ruang bagi anak-anak muda untuk ambil bagian dalam semua tahapan Pemilu. "Salah satunya ya melalui Kemah Demokrasi ini," ujar Sardalis.

Dia menyebut kemah demokrasi sebagai inovasi terbaru KPU Kabupaten Kampar dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan bagi kaum millenial tentang arti pentingnya Pemilu 2024. "Dalam rangka menjemput suara anak muda, kita melakukan sesuatu yang berbeda, berusaha menyesuaikan apa yang mereka senangi. Mudah-mudahan strategi ini berhasil, sehingga partisipasi pemilih muda meningkat di 14 Februari 2024 mendatang," tambahnya.

Sementara Kasubbag Teknis dan Parmas KPU Kabupaten Kampar Fitri Andriani menyampaikan tips-tips menjadi pemilih cerdas bagi kaum millenial. Antara lain memastikan diri terdaftar dalam DPT dengan cara mengecek melalui cekdptonline.kpu.go.id. "selain itu kawan-kawan juga harus mencari informasi terkait rekam jejak, visi misi dan program para calon/kandidat peserta pemilu, mengupdate informasi pemilu melalui sumber-sumber terpercaya dan tidak mudah terpengaruh oleh berita hoax, mencari tahu syarat-syarat untuk memilih dan tidak golput," jelas Fitri Andriani saat menjawab pertanyaan peserta diskusi.

Selain peserta dari berbagai komunitas, acara diskusi pemilu Kemah Demokrasi juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, perangkat kecamatan, Ketua dan Anggota PPK Kampar Kiri Hulu dan PPS di beberapa desa terdekat.