Kamsol dan Bustami HY datang ke KPU minta maaf batal daftarkan diri

id Pilkada,Kamsol, bustami HY, kpu kampar

Kamsol dan Bustami HY datang ke KPU minta maaf batal daftarkan diri

Kamsol dan Bustami saat datang ke KPU Kampar Jumat tengah malam tadi. (ANTARA/

Bangkinang Kota (ANTARA) - Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar Kamsol dan Bustami HY batal mendaftarkan diri keKPU Kabupaten Kampar karena hingga Kamispukul 23.59 WIB keduanya tidak kunjung tiba.

Ketua KPU Kabupaten Kampar Andi Putra mengumumkan penutupan pendaftaran penerimaan calon bupati dan wakil bupati. "Tepat Kamis pukul 00.00 WIB masuk tanggal 30 Agustus 2024 WIB, penerimaan pendaftaran bakal calon dan wakil bupati Kampar kami tutup," kata dia didampingi seluruh komisioner KPU dan BawasluKabupaten Kampar di aula rapat pleno KPU Kampar.

Pengumuman itu dibacakan setelah seluruh petugas penyelenggara Pilkada juga wartawan dari berbagai media standby di gedung KPU bakda isya berjam-jam menanti kedatangan Kamsoldan Bustamisebagai pasangan yang rencananya akan ikut dalam pertarungan Pilkada Kampar.

Dari pantauan Kamsol baru saja tiba di bandara Pekanbaru sekitar pukul 20.00 WIB dan tiba di Bangkinang Kota pukul 21.28 WIB.Berbagai pihak memantau dan memonitor keberadaan pasangan ini yang sempat berkumpul di Jl. A Yani Bangkinang Kota. Namun hingga pukul 23.59 WIB pasangan ini tidak kunjung tiba.

Andi membacakan hasil rekapitulasi pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar yang telah resmi mendaftarkan diri ada empat pasangan calon pada 27-29 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB yang semuanya telah dinyatakan lengkap dan diterima.

Pertama pasangan Yusri dan Rinto Pramono yang diusung Partai Gerindra dan Partai Demokrat mendaftarkan diri pada Rabu (28/8/2024) tepat pukul 11.00 WIB. Kemudian menyusul di hari itu pasangan Ahmad Yuzar dan Misharti 14.00 WIB yang diusung PKB, Partai Gelora, Nasdem, partai Bulan Bintang dan PDIP.

Pasangan ketiga yakni Yuyun Hidayat dan Edwin Pratama Putra diusung oleh PAN, Solidaritas Indonesia, PKS dan PPP mendaftar pada hari yang sama tepat pukul 15.00 WIB.

Terakhir mendaftar pada Kamis (29/8/2024) Repol dan Rahmad Jevary Juniardo memakai satu partai yakni Partai Golongan Karya.

"Kami ucapkan terima kasih kepada pihak keamanan TNI Polri dan insan pers yang membersamai kegiatan ini selama tiga hari hingga terlaksana dengan baik, " ujarnya.

Ia menjelaskan, KPU akan melanjutkan dengan penelitian administrasi terhadap dokumen pasangan calon dan pemeriksaan kesehatan bagi persyaratan bagi calon yang persyaratannya diterima pada (28/8) maka pemeriksaan kesehatan dilakukan pada (29/8) dan paslon yang daftar pada(29/8) maka pemeriksaan kesehatan pada Sabtu (31/8).

Selepas itu dilakukan penandatanganan berkas penerimaan pendaftaran seluruh calon yang telah mendaftarkan diri.

Tidak lama berselang, setelah semuanya sudah meninggalkan tempat, tinggal komisioner KPU yang masih berada di gedung itu,Kamsoldan Bustamitiba-tiba muncul menyampaikan kata maaf, karena warga sudah lama menanti. Ia pun batal mendaftarkarena kekurangan waktu dan hal lainnya.