Korea Utara luncurkan satelit pengintai, China minta semua pihak tahan diri

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Korut,satelit pengintai

Korea Utara luncurkan satelit pengintai, China minta semua pihak tahan diri

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Beijing (ANTARA) - China menyerukan agar semua pihak terkait isu di Semenanjung Korea dapat menahan diri usai Korea Utara meluncurkan satelit pengintai.

China berharap semua pihak yang terkait dengan permasalahan Semenanjung Korea dapat bersikap tenang dan menahan diri, dan China akan terus memainkan peran konstruktif dalam memfasilitasi penyelesaian politik atas permasalahan tersebut, kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning pada Rabu.

Korea Utara pada Selasa (21/11) mengklaim telah berhasil menempatkan sebuah satelit pengintai di orbit.

Menanggapi hal tersebut, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan menyatakan akan mengambil tindakan tegas mengingat satelit itu diluncurkan menggunakan teknologi rudal balistik yang mereka anggap melanggar resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam konferensi pers, Mao mengatakan bahwa China mencatat pengumuman Korea Utara dan reaksi dari para pihak terkait. Dia menambahkan bahwa situasi di Semenanjung Korea sampai pada titik ini karena suatu alasan.

Semua negara di kawasan tersebut sama-sama berkepentingan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea, serta mendorong penyelesaian politik atas isu-isu di semenanjung tersebut, ujar Mao.

Jubir itu menyampaikan bahwa China berharap pihak-pihak terkait dapat tetap berkepala dingin dan menahan diri, menerapkan pendekatan dua jalur, serta mengambil langkah-langkah bertahap dan tersinkronkan.

Semua pihak harus mengupayakan penyelesaian politik dan mengatasi kekhawatiran wajar satu sama lain dengan cara yang seimbang melalui dialog yang bermakna, ujarnya.

Baca juga: Roket komersial China luncurkan 4 satelit ke orbit dari laut

Baca juga: China dikabarkan mulai bangun konstelasi satelit orbit ultrarendah