PORWIL XI - Riau juara III E-Sport dan tak lolos PON 2024

id Porwil xi, porwil sumatera 2023, e-sport

PORWIL XI - Riau juara III E-Sport dan tak lolos PON 2024

Para juara E-Sport di Porwil XI Sumatera 2023 yang digelar Kamis malam (9/11/2023). (ANTARA/Indah Permata Sari)

Pekanbaru (ANTARA) - Cabang olahraga e-sports Mobil Legends (ML) Bang-Bang di hari ke dua Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI Tahun 2023 di Pekanbaru diadakan di Riau Garden Jalan HR Soebrantas, Kamis malam.

Wakil Ketua Wasit Swie Ging mengatakan pertandingan ML Bang-Bang menggunakan sistem Upper Bracket dan Lower Bracket.Upper Bracket artinya memberikan keuntungan kepada tim-tim yang memenangkan pertandingan awal mereka. Sedangkan Lower Bracket memberikan kesempatan kedua kepada tim-tim yang kalah.

"Pada hari pertama sudah dilakukan kualifikasi. Mereka yang bertanding kemarin di Upper Bracket jika kalah akan turun ke Lower Bracket. Dan yang menang final Lower Bracket akan bertanding lagi dengan pemenangan di Upper Bracket untuk masuk grand final," katanya saat diwawancarai ANTARA, Kamis.

Swie Ging menjelaskan durasi pertandingan dalam best of three paling lama dua jam. Pemain yang sudah unggul 2-0 langsung dianggap sebagai pemenang tanpa harus memainkan gim ketiga.

"Mereka yang menang dua angka duluan itulah yang memenangkan pertandingan," jelas Swie Ging.

Dalam pertandingan ML Bang-Bang satu tim terdiri dari enam orang di antaranya lima orang pemain dan satu orang cadangan.

Pertandingan hari ini, final Upper Bracket dari Provinsi Lampung versus Riau dan di menangkan oleh Lampung. Sedangkan Match 11 dari Sumatera Barat versus Jambi. Dan Sumatera Barat berhasil masuk ke final Lower Bracket. Selanjutnya final Lower dari Riau versus Sumatera Barat dan dimenangkan oleh Sumatera Barat.

Pada grand final, Lampung berhadapan dengan Sumatera Barat. Dan akhirnya, Sumatera Barat berhasil menduduki juara pertama, juara kedua Lampung dan juara ketiga dari Riau yang terdiri dari lima peserta di antaranya Nurhamidi, Teuku Muhammad Jiwa Ramadhan Oor, Irwandi, Rezqi Rahmatul Hadi, dan Akla Rosman.

Swie Ging mengatakan pemenang juara satu dan dua akan maju ke Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumut 2024.

Terakhir, ia berharap ke depannya supaya lebih kompetitif lagi mengembangkan talenta atlet yang ada di daerah Sumatera.