34 negara Asia Pasifik ikuti Regional Leadership Conference bahas Special Olympics

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara, olympic

34 negara Asia Pasifik ikuti Regional Leadership Conference bahas Special Olympics

Sebanyak 34 negara di kawasan Asia Pasific akan mengikuti Regional Leadership Conference (RLC) di Jakarta yang akan digelar 3-5 November 2023 (Olympic)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 34 negara di kawasan Asia Pasifik akan mengikuti Regional Leadership Conference (RLC) di Hotel Pulman Jakarta pada 3 hingga 5 November 2023.

Media Relations Special Olympics Indonesia Dwi Iswandono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa, mengatakan 34 negara mengirimkan delegasinya untuk ikut serta di hajatan regular yang kali ini mengambil tema Reclaiming Our Reach.

Menurut dia, dalam konferensi selama tiga hari tersebut para anggota delegasi akan membicarakan berbagai aspek pengembangan disabilitas intelektual.

"Mereka akan saling bertukar pandangan baik memecahkan hambatan dan mengembangkan program,” kata dia.

Ia mengatakan Special Olympics tak semata-mata untuk mengejar prestasi bidang olah raga tapi juga hal-hal lain untuk mendukung pencapaian kemandirian anak-anak bertalenta

"Chief Executive Officer Special Olympics International Mary Davis dijadwalkan akan terbang dari Washington untuk memberikan pidato kunci tentang masa depan Special Olympics,” kata dia.

Para peserta akan membahas keuntungan pergerakan Special Olympics di masing-masing negara mereka, pembahasan tentang kesehatan, komunitas olahraga dan lainnya.

"Misalnya fundraising, pengembangan sport partnership, athlete leadership, mengembangkan kerjasama dengan pemerintah dan seterusnya,” kata dia.

Special Olympics merupakan organisasi internasional yang telah diakui oleh International Olympic Committee (IOC) sebagai satu-satunya Olimpiade Olahraga Khusus bagi para Penyandang Disabilitas Intelektual (ID) di dunia.

Indonesia yang memiliki potensi sekitar 5,4 juta jiwa Insan Bertalenta Khusus (IBK) dan bergabung menjadi Anggota Special Olympics International Ke-79 pada tanggal 9 Agustus 1989 dengan nama Special Olympics Indonesia (SOIna).

Baca juga: 1000 seniman terlibat dalam penutupan Olimpiade Beijing

Baca juga: Omicron di China meluas, Beijing diisukan lockdown saat Winter Olympic, astaga!