Sambangi Indarung I, Wali Kota Gondar City dan rombongan unjuk gigi dengan menari tradisional

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Semen padang

Sambangi Indarung I, Wali Kota Gondar City dan rombongan unjuk gigi dengan menari tradisional

Wali Kota Gondar City dan rombongan foto bersama di kawasan Cagar Budaya Nasional Pabrik Indarung I, Kamis (26/10/2023). Kunjungan ke Pabrik Indarung I itu dilakukan dalam rangka membangun kerja sama dengan Pemko Padang. (ANTARA/HO-PT Semen Padang)

Pekanbaru (ANTARA) - Delegasi dari Pemerintahan Gondar City, Provinsi Amhara, Ethiopia, mengunjungi PT Semen Padang untuk melihat kawasan Cagar Budaya Nasional Pabrik Indarung I, Kamis (26/10/2023).

Dipimpin Wali Kota Gondar City, Bayuh Abuhay Kibret, delegasi tersebut disambut Kepala Departemen SDM dan Umum PT Semen Padang R Trisandi Hendrawan, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan Nur Anita Rahmawati, dan anggota Tim Cagar Budaya PT Semen Padang, Nurita Handayani.

Dalam kunjungan itu, turut hadir mendampingi Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Yudi Indra Syani, dan Kabag Kerjasama Setdako Padang Erwin M, serta sejumlah staf di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemko) Padang.

Pantauan media ini terlihat rombongan delegasi dari Godar City begitu antusias menyaksikan bangunan Pabrik Indarung I PT Semen Padang. Bahkan, mereka pun memanfaatkan moment kunjungan tersebut untuk berswafoto dan juga menari tradisional Gondar.

Tidak hanya Wali Kota Gondar City dan rombongan yang menari, Kepala Unit Humas PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati dan Kabag Kerjasama Setdako Padang Erwin M, serta Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indra Syani, juga tampak menikmati tarian tradisional tersebut.

Bahkan, mereka pun juga ikut meliuk-liukan badannya sambil mengiringi alunan musik yang mengiringi tarian tradisional asal Gindar City tersebut. Dan, tarian dari Wali Kota Gondar City dan rombongan itu pun, srmakin membuat suasana kunjungan ke Pabrik Indarung I penuh akrab.

Wali Kota Gondar City, Bayuh Abuhay Kibret, mengaku senang bisa berkunjung ke Pabrik Indarung I PT Semen Padang yang merupakan pabrik semen pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang didirikan oleh Belanda pada 18 Maret 1910.

"Tadi dari pihak Semen Padang menyampaikan sejarah tentang Indarung I. Di usia yang lebih dari satu abad ini, tentunya Pabrik Indarung I ini merupakan pabrik bersejarah bagi bangsa Indonesia. Kami benar-benar sangat gembira dengan sejarah ini," katanya.

Kedatangannya ke PT Semen Padang, sebutnya, selain untuk melihat situs bersejarah Pabrik Indarung I, juga dalam rangka membangun peluang kerjasama terkait kebutuhan semen untuk pembangunan insfrastruktur di Gondar City.

"Selama ini, kami membeli semen di luar negeri. Jadi, kami harap perusahaan ini (PT Semen Padang) akan menyukai peluang kerjasama yang kami tawarkan. Jika perusahaan siap, tentunya kami sangat senang sekali," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Kerjasama Setdako Padang Erwin M mengatakan, kedatangan Wali Kota Gondar City ke Kota Padang dalam rangka menjajaki kerjasama Sister City (Kota Kembar) dengan Pemko Padang.

Erwin menjelaskan, rombongan delegasi dari Gondar City ini terdiri dari 9 orang. Dan, 5 orang di antaranya adalah investor atau bisa dikatakan trader untuk beberapa komiditi yang mau mengembangkan usahanya di Kota Padang.

"Rabu kemarin, mereka ini juga didampingi Dubes Indonesia untuk Ethiopia, Al Busyra Basnur. Dan, tadi pagi mereka juga melakukan penandatangan pernyataan kehendak atau Letter of Intent (LoI) di Rumah Dinas Wali Kota Padang," katanya.

Terkait kunjungannya ke PT Semen Padang, Erwin menyampaikan bahwa tujuan Wali Kota Gondar City beserta rombongan ke PT Semen Padang, berkaitan dengan Gondar City sebagai kota tua yang pernah menjadi ibu kota negara Ethiopia selama leih kurang 250 tahun.

“Gondar City ada sebuah lokasi yang namanya kastil (Castles) dan telah ditetapkan jadi World Heritage sejak 1978. Dan, mereka tertarik datang ke sini, karena Pabrik Indarung I ini juga dalam proses pendaftaran menuju World Heritage," ujarnya.

"Jadi, dengan kita membawa mereka ke sini, ada dua tujuan. Pertama, memperlihatkan kekayaan warisan budaya kita. Kedua, seperti yang disampaikan Wali Kota Gondar, bahwa terbuka peluang bagi Ethiopia bagaimana mereka mengimpor semen dari PT Semen Padang,” ujarnya.

Mewakili manajemen PT Semen Padang, Kepala Departemen SDM dan Umum PT Semen Padang R Trisandi Hendrawan menyampaikan selamat datang kepada delegasi Gondar City yang telah mengunjungi PT Semen Padang.

"Kunjungan delegasi Gondar City ini merupakan momen yang sangat berarti dan bersejarah bagi kami di PT Semen Padang. Ini merupakan kesempatan bagi kami untuk berbagi ilmu, pengalaman, dan keahlian di bidang industri semen kepada Anda semua," katanya..

Secara terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati menyambut baik tawaran kerjasama yang ditawarkan Wali Kota Gondar City terkait impor semen dari PT Semen Padang untuk Ethiopia.

"Mereka sangat bersemangat sekali untuk menjalin kerjasama impor semen dari Semen Padang. Karena, Ethiopia, khususnya Gondar City saat ini sedang melakukan pembangunan infrastruktur yang cukup masif dan membutuhkan banyak semen," kata Anita.

Anita menyampaikan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti tawaran kerjasama yang disampaikan Wali Kota Gondar City. Karena, peluang ini merupakan kabar baik bagi PT Semen Padang di tengah ketatnya persaingan industri semen di Indonesia saat ini.

"Artinya, ini kabar baik buat kita di Semen Padang. Semoga saja kita bisa menemukan kerjasama yang saling menguntungkan," ujarnya.

Gondar City adalah sebuah kota di Ethiopia yang merupakan ibu kota bekas Kerajaan Gondar yang berdiri pada abad ke-17. Kota ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya, karena pernah menjadi ibu kota Ethiopia selama 250 tahun, yaitu dari tahun 1632 hingga 1889.

Memiliki kekayaan sejarah, budaya, dan alam, Gondar City merupakan salah satu kota wisata paling populer di Ethiopia. Salah satu situs bersejarah yang terkenal di kota ini adalah Benteng Gondar yang merupakan situs warisan dunia UNESCO.