LAMR Inhu beri gelar kehormatan kepada Bupati Rezita

id Rengat,Indragiri Hulu

LAMR Inhu beri gelar kehormatan kepada Bupati Rezita

Bupati Inhu Terima Penambalan Gelar Kehormatan Adat 2023. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri HuluRezita Meylani Yopi menerima penambalan kehormatan adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) dengan gelar Datuk Seri Setia Amanah pada Sabtu pagi.

Proses pemberian gelar dilaksanakan di Museum Ruang Tinggi Kota Rengat disaksikan oleh semua pihak terkait.

"Gelar untuk Bupati Inhu karena telah berjasa dalam banyak untuk masyarakat Melayu di daerah," kataTimbalan Ketua Umum Majelis LAMR Inhu Raja Marwan Indra Syahputra.

Penganugerahan ini disematkan setelah melalui proses dan pertimbangan yang matang beberapa waktu lalu oleh LAMR Inhu.

Penganugerahan gelar kehormatan bukan hanya bentuk pengakuan tertinggi, tapi bagaimana dapat mempertahankannya sebagai amanah.

"Jadi amanah yang harus dijalankan dengan baik, sehingga berdampak positif," ujarnya.

Sebelumnya, Pada 22 September 2023 lalu, telah dilakukan sidang majelis kerapatan adat LAMR Inhu tentang penambalan adat ini.

Hasilnya, bersepakat untuk memberikan dan menambalkan gelar kehormatan adat kepada Puan Rezita Meylani Yopi sebagai Bupati Inhu.

Penganugrahan itu, sesuai dengan surat keputusan sekretaris umum LAMR Kab Inhu Nomor : 010/LAMR-Inhu/IX/2023/1445H tentang penganugerahan gelar kehormatan selama menjabat sebagai Bupati Inhu terhitung sejak 14 Oktober 2023.

Pada kesempatan itu, Bupati Inhu Puan Rezita Meylani Yopi mengatakan, penganugerahan ini merupakan suatu amanah besar.

Bahkan, penganugerahan gelar kehormatan ini turut kembali mengingatkan pada momentum pertama kalinya diamanahkan untuk mengemban tugas sebagai Bupati Inhu.

"Semoga harapan tertumpang seiring dengan penganugerahan gelar kehormatan ini akan benar-benar mampu saya laksanakan," sebutnya.

Bupati menambahkan, wujud kemajuan kebudayaan Melayu Inhu telah lahir peraturan daerah tentang hari jadi Kabupaten Indragiri Hulu.

Revitalisasi sejumlah bangunan bersejarah termasuk museum rumah tinggi Rengat, Masjid Raya Batu Rijal Peranap dan pembangunan tungkup makam - makam Indragiri di Desa Kotalama, Rengat Barat.

"Semoga gelar kehormatan Datuk Seri Setia Amanah dapat menjadi doa dari para orang tua dan seluruh masyarakat," ujarnya.