Jelang akhir jabatan, Syamsuar serahkan dana untuk desa Siak Rp22,08 miliar

id Pemerintah Provinsi Riau

Jelang akhir jabatan, Syamsuar serahkan dana untuk desa Siak Rp22,08 miliar

Gubernur Riau Syamsuar saat menyerahkan Dana BKK secara simbolis di Kabupaten Siak, Kamis (12/10/23). (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Gubernur Provinsi Riau Syamsuar menyerahkan secara simbolis Rp22,08 miliar dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) untuk desa di Kabupaten Siak tahun 2023 yang kini penyaluran dana tersebut sedang diproses.

"Penyerahan BKK secara simbolis dari Pemerintah Provinsi Riau kepada Pemerintah Desa Tahun Anggaran 2023 di Kabupaten Siak ini telah sesuai dengan petunjuk teknis," kata Gubernur Riau Syamsuar saat penyerahan dana BKK itu secara simbolis di Embung Terpadu Kampung Dayun, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Kamis (12/10).

Pada saat penyerahan dana BKK itu, Syamsuar mengucapkan selamat kepada seluruh desa di Kabupaten Siak dengan harapan penggunaan dana bantuan ini dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mendukung pembangunan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

Ia mengatakan melalui bantuan BKK dari Pemprov Riau tersebut dapat mempercepat program pembangunan di desa yang ditandai dengan ada peningkatan desa mandiri dan maju.

"Bantuan keuangan ini adalah komitmen Pemerintah Provinsi Riau bersama kabupaten/kota untuk mempercepat pembangun dalam berbagai bidang sekaligus dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat di desa," kata mantan Bupati Siak ini.

Ia menekan bahwa penggunaan dana tersebut harus dapat memberikan manfaat yang optimal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendukung pembangunan di desa.

"Semoga upaya yang kita lakukan dalam percepatan pembangunan desa menuju terwujudnya desa mandiri untuk menuju Riau yang unggul dan berdaya saing serta mendapat ridhoAllah SWT," katanya.

Berdasarkan data Pemerintah Provinsi Riau, sejak tahun 2019 hingga 2023 Pemprov Riau telah menyalurkan dana BKK untuk Kabupaten Siak senilai Rp87,51 miliar yang diterima oleh 122 desa.

Dengan rincian, pada 2019 telah disalurkan dana BKK sebesar Rp24,40 miliar. Kemudian pada 2020 telah diserahkan sebesar Rp10,24 miliar, 2021 telah diberikan sebesar Rp12,05 miliar. Selanjutnya, untuk tahun 2022 telah disalurkan sebesar Rp18,75 miliar.

"Sementara dana BKKuntuk tahun 2023 masih dalam proses penyaluran sebesar Rp22,08 miliar kepada desa-desa di Kabupaten Siak. Kami berharap seluruh desa agar dapat menggunakan dana BKK ini sesuai dengan petunjuk teknis yang telah ditetapkan,” demikian Syamsuar. (Adv)