Arara Abadi sosialisasi pencegahan karhutla di SMAN 1 Kerumutan

id Arara abadi, sman 1 kerumutan, karhutla riau

Arara Abadi sosialisasi pencegahan karhutla di SMAN 1 Kerumutan

Pelajar SMAN 1 Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, sedang berlatih memadamkan api dengan dibimbing petugas Tim RPK Distrik Malako, Kamis (21/9/2023). (ANTARA/dok)

Kerumutan (ANTARA) - Dalam mengantisipasi musim kemarau dan memberikan pengetahuan tentang pencegahan dan penanganan karhutla (kebakaran hutan dan lahan), PT Arara Abadi Distrik Malako yang merupakan salah satu unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melakukan kegiatan sosialisasi bahaya karhutla serta simulasi pencegahannya kepada pelajar dan guru-guru di SMAN 1 Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Kamis (21/9).

Sekitar 250 siswa kelas XII dan guru SMAN 1 Kerumutanhadir dalam kegiatan ini, termasuk Wakil Kepala SMAN 1 Kerumutan Cung Afandi S.Pd serta Humas PT Arara Abadi Distrik Malako, Zul Heri, Operasional Team FOM (Fire Operasional Management) PT Arara Abadi Koesnadi dan Jhon Pasaribu & Tim Regu Pemadam Kebakaran Distrik Malako.

Terlihat anak-anak SMAN 1 Kerumutan antusias mengikuti sosialisasi bahaya karhutla dan simulasi pencegahannya.

Wakil Kepala SMAN 1 Cung Afandi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada PT Arara Abadi dan mengapresiasi kegiatan ini. "Kegiatan ini baru pertama kali diadakan dan merupakan pembelajaran yang sangat luar biasa bagi seluruh pelajar atau siswa SMAN 1 Kerumutan. Saya berharap tertanam kesadaran terhadap bahaya Karhutla pada generasi muda para pelajar khususnya di wilayah Kecamatan Kerumutanserta umumnya pada pelajar dan masyarakat," paparnya.

Cung Afandi berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga memiliki dampak positif terhadap masyarakat.

"Saya juga berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan oleh PT Arara Abadi Distrik Malako yang mana nantinya kan berdampak positif kepada para pelajar khususnya dan kepada masyarakat umumnya," Demikian Cung Afandi.

Dalam kesempatan ini juga PT. Arara Abadi untuk melakukan kegiatan penghijauan di lingkungan SMAN 1 Kerumutan.

Sementara itu PT. Arara Abadi distrik Malakodiwakili Zul Herikepada media menyampaikan di wilayah Kecamatan Kerumutan juga terdapat areal konsesi operasional PT Arara Abadi yang bersempadan dengan areal-areal peruntukan lainnya.

WilayahKerumutan sangat rawan akan terjadinya karhutla sehingga dibutuhkan sinergi yang baik antara pemangku kepentingan di wilayah setempat guna mencegah terjadinya kebakaran.

Kegiatan ini diharapkan dapat menurunkan terjadinya kasus karhutla yang sering terjadi hampir setiap tahunnya.

Diharapkan juga akan berdampak dalam pembentukan generasi yang sadar terhadap bahaya karhutla. Simulasi ini jadi dasar pengendalian api jika terjadi kebakaran di sekitar lingkungannya," demikian Zul Heri.