Hong Kong gelar upacara untuk peringati 78 tahun kemenangan melawan agresi Jepang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Hong Kong

Hong Kong gelar upacara untuk peringati 78 tahun kemenangan melawan agresi Jepang

Kepala Eksekutif SAR Hong Kong John Lee memegang karangan bunga saat upacara peringatan 78 tahun kemenangan perang perlawanan rakyat China melawan agresi Jepang di Hong Kong City Hall Memorial Garden, Minggu (3/9). (ANTARA/Xinhua.)

Hong Kong (ANTARA) - Pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong pada Minggu (3/9) menggelar upacara resmi untuk memperingati 78 tahun kemenangan Perang Perlawanan Rakyat China Melawan Agresi Jepang.

Diselenggarakan di Hong Kong City Hall Memorial Garden, upacara tersebut mencakup acara mengumandangkan dan menyanyikan lagu kebangsaan China, mengibarkan bendera nasional China dan SAR Hong Kong, mengheningkan cipta, serta membungkuk sebagai bentuk penghormatan.

Turut hadir dalam upacara tersebut antara lain Wakil Ketua Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People's Political Consultative Conference/CPPCC) Leung Chun-ying, Kepala Eksekutif SAR Hong Kong John Lee, para perwakilan organisasi Pemerintah Rakyat Pusat China di Hong Kong dan sejumlah mantan kepala eksekutif SAR Hong Kong.

Selain itu juga terlihat hadir pejabat kantor kehakiman SAR Hong Kong, para anggota Dewan Eksekutif dan Dewan Legislatif SAR Hong Kong, para perwakilan dari kelompok veteran perang, para perwakilan deputi Hong Kong di Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) China, para perwakilan anggota Komite Nasional CPPCC dari Hong Kong, serta para perwakilan dari kelompok berseragam dan organisasi pemuda.

Lee mengatakan di media sosial bahwa 78 tahun yang lalu, rakyat China meraih kemenangan besar dalam Perang Perlawanan Melawan Agresi Jepang. Lee memberikan penghormatannya bagi seluruh prajurit, jenderal, dan orang-orang yang berpartisipasi dalam perang, serta menyampaikan duka mendalam bagi para pahlawan dan martir yang gugur dalam perang juga para korban yang tewas di tangan agresor.

Dikatakan oleh Lee bahwa perlawanan rakyat China terhadap agresi Jepang serta para martir dan rekan senegaranya yang gugur akan selalu dikenang.

Pada Februari 2014, Komite Tetap NPC menetapkan 3 September sebagai Hari Kemenangan Perang Perlawanan Rakyat China Melawan Agresi Jepang.

Pada Agustus 2014, pemerintah SAR Hong Kong mengumumkan bahwa sejak tahun itu, sebuah upacara resmi akan diadakan pada 3 September setiap tahunnya untuk memperingati hari kemenangan tersebut.

Baca juga: KJRI Hongkong imbau WNI agar waspada terhadap Topan Saola

Baca juga: Hong Kong International Airport kembali dinobatkan sebagai bandara kargo tersibuk di dunia