Ratusan masyarakat Perawang ikuti layanan "eazy paspor" bersama Fajar BS Lase

id Ratusan masyarakat Perawang, program eazy paspor, Stafsus Kemenkumham RI,Kemenkumham

Ratusan masyarakat Perawang ikuti layanan "eazy paspor" bersama Fajar BS Lase

Stafsus Kemenkumham RI Fajar BS Lase ketika memantau pelayanan Eazy Paspor di Perawang. (ANTARA/HO-Imigrasi Siak)

Siak, Riau, (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau melaksanakan Sosialisasi Keimigrasian Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Layanan Eazy Passport dengan kuota 500 orang bersama Stafsus Menkumham RI Bidang Transformasi Digital Fajar BS Lase berlokasi di Gedung GOR Tualang Siak, Rabu.

Program Eazy Passport sendiri dilaksanakan oleh Kemenkumham RI dalam rangka memberikan kemudahan kepengurusan paspor kepada masyarakat yang ingin berpelisiran ke luar negeri. Untuk di Kota Siak sendiri disiapkan kuota sebanyak 500 orang.

Pelayanan ini pun dilaksanakan dengan cepat dan tepat serta tetap memperhatikan standar operasional pelayanan dari Kantor Imigrasi yang ikut serta dalam program ini. Adapun, 7 Kanim (Kantor Imigrasi) yang ikut serta yakni Kanim Dumai, Kanim Bagan Siapiapi, Kanim Bengkalis, Kanim Pekanbaru, Kanim Siak , Kanim Tembilahan dan Kanim Selatpanjang.

Dalam kesempatan ini, Fajar BS Lase turut memberikan sosialisasi di hadapan para masyarakat yang akan mengurus pembuatan maupun perpanjangan paspor tentang TPPOagar masyarakat yang mendapatkan tawaran bekerja di luar negeri bisa lebih berhati-hati.

Stafsus Menkumham RI ini pun turut menjelaskan terkait dengan proses dan alur pelayanan pembuatan serta perpanjangan paspor yang tersedia saat ini. Beliau berpesan agar paspor yang merupakan salah satu dokumen penting dapat dijaga sebaik baiknya dan tidak disalahgunakan apabila sedang berada di luar negeri.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pelaksanaan pelayanan oleh seluruh pegawai Kanim yang ikutserta pada kesempatan ini. Stafsus Menkumham RI pun berkeliling sambil berbincang kepada masyarakat pemohon paspor.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham RI Provinsi Riau, pimpinan BRICabang Perawang, pimpinan PT.indah kiat, Kepala dan Pejabat Kantor Imigrasi 7 Wilayah, Staf Kanwil Kemenkumham dan Kanim, serta tamu undangan lainnya.