193 perahu akan berlaga di Festival Pacu Jalur 2023 di Tepian Narosa di Kuansing

id Teluk Kuantan,Kuansing,festival pacu jalur

193 perahu akan berlaga di Festival Pacu Jalur 2023 di Tepian Narosa di Kuansing

Arsip foto. Suasana Festival Pacu Jalur di Tepian Narosa, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Minggu (21/8/22). (ANTARA/Annisa Firdausi/22)

Teluk Kuantan (ANTARA) - Sebanyak 193 jalur/perahu panjangasal dari beberapa kabupaten di Provinsi Riau berlaga di Sungai Kuantan Tepian NarosaTeluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi selama empat hari pada 23-26 Agustus 2023.

Sejak Selasa (22/8) semua jalur sudah merapat di Tepian Narosa dan atlet jalur bersama kontingen telah hadir di Kuansingsaat pembukaan Festival Pacu Jalur (FPJ) Tradisional di Kota Teluk Kuantan, Rabu.

Dalam sambutannya, Bupati Kuansing Suhardiman Ambi menyebutkan, acara seni budaya kebanggaan masyarakat Kuansing ini adalah iven tahunan telah digelar sejak ratusan tahun lalu.

"Tetap lestari, dan terselenggara dengan baik karena tingginya kecintaan masyarakat terhadap seni budaya lokal," katanya.

FPJ Kuansing sudah masuk dalam kalender nasional di antara seni budaya Indonesia lainnya.

Kesuksesan FPJ tersebut tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras bersama dalam mensukseskan ajang olahraga tersebut setiap tahun.

"Oleh karena itu, mari kita lestarikan dan optimalkan penyelenggaranya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani yang hadir acara pembukaan mengatakan, sangat mengapresiasi tinggi atas suksesnya FPJ Kuansing 2023.

"Sukses buat Kuansing, Inhu mengirim 30 jalur untuk ikut meriahkan FPJ di Tepian Narosa," sebutnya.

Seperti diketahui bahwa pada saat pembukaan FPJ, berbagai seni budaya lokal ditampilkan untuk mendukung sukses penyelenggara event.

Ada tari penyambutan tamu undangan, tari persembahan dan silat tradisional serta prosesi lomba pembuka ivendi Sungai Kuantan.

Menariknya lagi, puluhan ribu masyarakat dari berbagai daerah di Riau memadati Kota Teluk Kuantan. Bahkan pedagang memenuhi areal sepanjang jalan di tengah kota.

Sedangkan, pada malam hari sepanjang tahapan FPJ ada pergelaran seni dan lagu disuguhkan kepada masyarakat umum.