30 perahu jalur Inhu akan berlaga di Festival Pacu Jalur di Kuansing

id Rengat,Indragiri Hulu,pacu jalur kuansing,festival pacu jalur

30 perahu jalur Inhu akan berlaga di Festival Pacu Jalur di Kuansing

Ahmad Syukur Lepas Kontingen Atlet Jalur Inhu. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Ratusan atlet jalur asal Kabupaten Indragiri Hulu siap berlaga dan merebut kemenangan pada festival PacuJalur yang digelar di Tepian Narosa Kota Teluk Kuantan, kabupaten Kuantan Singingi, pada 25-27 Agustus 2023.

"Saya berpesan, berlombalah secara sportif, raih kemenangan dan kembali ke Inhu dengan membawa prestasi," kata Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Ahmad Syukur di Rengat, Selasa.

Ahmad Syukur dalam sambutannya mewakili Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi mengatakan, sebanyak 30 jalur dengan ratusan atlet dilepas dari halaman Kantor Bupati Inhu menuju Kuansing.

Pelepasan itu menandakan bahwa pemerintah sangat mendukung kontingen atlet jalur untuk berlomba melawan ratusan pejalur asal beberapa daerah di Riau, khususnya Kuansing sebagai tuan rumah.

Pelepasan juga sebagai upaya dan bentuk pembekalan, motivasi bagi atlet agar siap berlaga dengan baik dengan menjaga kesehatan tetap prima.

"Tentunya, berbagai persiapan sudah optimal sebelum diberangkatkan. Oleh karena itu, semangat berlomba, fokus dan kekompakan harus selalu terjaga dengan baik." katanya.

Kuansing pada Festival Pacu Jalur (FPC) 2023,juga melaksanakan acara seni budaya itu sudah ratusan tahun sebelum pemekaran dari Indragiri.

Sangat diyakini persiapan sudah matang, atlet - atlet hebat sudah dipersiapkan untuk berhadapan dengan Inhu. Akan tetapi, semangat atlet jalur Inhu tidak boleh kendor, tanamkan gaya, rasa optimis yang tinggi.

Seperti diketahui bahwa, acara seni budaya yang dikenal dengan Festival Pacu Jalur (FPC) di Tepian Narosa Kota Teluk Kuantan dimulai Rabu (23/8) - Sabtu (26/8).

FPC tersebut sudah masuk menjadi kalender nasional dan merupakan salah satu andalan pariwisata Riau.