Pawai Rakyat meriahkan peringatan HUT RI di Pekanbaru

id Hut ri, kemerdekaan ri

Pawai Rakyat meriahkan peringatan HUT RI di Pekanbaru

Para peserta Pawai Kebudayaan di Kota Pekanbaru saat meramaiakan HUT ke-78 RI, Kamis (17/8/23). (ANTARA/tangkapan layar)

Pekanbaru (ANTARA) - Memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, warga Jalan Kapur II, Kelurahan Kampung, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru, mengadakan pawai rakyat bertemakan budaya pada Kamis.

Acara yang diselenggarakan oleh para pemuda pemudi setempat ini sukses menarik perhatian warga. Sekitar 200 peserta hadir untuk berpartisipasi dalam kegiatan pawai rakyat HUT RI tersebut.

Kegiatan pawai ini melintasi sejumlah ruas jalan di sekitar Kelurahan Kampung Baru. Dimulai dari melewati Jalan Jati, Jalan YosSudarso, hingga ke Jalan Meranti. Kegiatan ini juga mempererat hubungan antar sesama warga setempat.

Peserta pawai tampil memukau dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah Indonesia, seperti pakaian Melayu, Minang, Batak, dan sebagainya. Tiap warga memperlihatkan rasa cinta Tanah Air di hari kemerdekaan ini.

Pawai ini terbagi tiga rombongan dengan pakaian berbeda setiap kelompoknya. Pada rombongan pertama berbaris remaja yang memakai pakaian dengan warna merah dan putih, lalu pada rombongan kedua berjejer para warga setempat yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah Indonesia. Sedangkan pada rombongan ketiga terdapat anak-anak yang menaiki sepeda dengan atribut kemerdekaan didampingi oleh orangtua masing-masing.

Tak hanya pawai, warga kampung setempat juga mengadakan banyak perlombaan yang dilaksanakan pada siang hari. "Nanti kami akan mengadakan banyak perlombaan seperti makan kerupuk, gigit sendok, ambil koin dan beberapa lomba lainnya," ucap Ardina salah seorang warga.

Para warga nampak antusias dan penuh semangat memperingati hari kemerdekaan tahun ini, sehingga acara pawai rakyat memperingati HUT Kemerdekaan RI ini sukses terlaksana.