Lantamal X Jayapura lakukan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Bendera Merah Putih

Lantamal X Jayapura lakukan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut

Suasana pengibaran bendera Merah Putih di perairan Base-G, Kota Jayapura, Papua, Rabu (16/8/2023). (ANTARA/HO-Humas Lantamal X Jayapura/aa.)

Jayapura (ANTARA) - Lantamal X Jayapura mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut dengan kedalaman 12 meter di perairan Base-G, Kota Jayapura, Papua.

Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono di Jayapura, Rabu, mengatakan bahwa upacara pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut dalam memperingati HUT Ke-78 Republik Indonesia

"Kegiatan ini diikuti 46 peserta yang berasal dari berbagai instansi dan komunitas selam," katanya.

Melalui kegiatan ini, Ludi berharap dapat meningkatkan jiwa patriotisme dan semangat juang generasi muda. Selain itu, menggugah kembali kewaspadaan di bidang maritim.

"Kami memilih titik pengibaran di perairan Base-G karena kondisi arusnya yang tenang dan jarak pandangnya jauh. Di samping itu, karena ada nilai sejarahnya," ujarnya.

Seperti diketahui bahwa Base-G itu ada ceritanya, bahkan banyak sekali catatan sejarah. Di sana sangat bagus dasar lautnya, putih kemudian datar dan jarak pandangnya bagus.

"Kami juga berencana menggelar kembali kegiatan serupa pada peringatan Sumpah Pemuda, 28 Oktober mendatang. Peserta yang diharapkan terlibat sekitar 75 penyelam.

Bertindak selaku inspektur upacara pada pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut adalah Letkol (Mar) Fachrul Ahmadi dan Komandan Upacara Letkol Laut (H) Kemas M Yusri.

Peserta upacara berasal dari Kodam XVII Cenderawasih, Lanud Silas Papare, Possi Papua, dan Komunitas Molo Jayapura.

Kegiatan tersebut diawali penyerahan bendera Merah Putih oleh Ketua Panitia HUT Ke-78 RI Suzana Wanggai kepada perwakilan penyelam di perairan Base-G, Rabu (16/8).

Baca juga: Dirut LKBN ANTARA kibarkan Merah Putih di titik nol kilometer Indonesia

Baca juga: Jelang Kemerdekaan, penjual bendera Merah Putih ramai di Pekanbaru