MTsS Luki Binaan UPZ Semen Padang juarai Madrasah Festival Tingkat Nasional

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Semen Padang

MTsS Luki Binaan UPZ Semen Padang juarai Madrasah Festival Tingkat Nasional

MTsS Luki Binaan UPZ Semen Padang juarai Madrasah Festival Tingkat Nasional (ANTARA/HO-PT Semen Padang)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim siswa dari Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Lubuk Kilangan (Luki) yang merupakan madrasah binaan UPZ Baznas Semen Padang, kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional.

Kali ini, madrasah yang diwakili Tim Explaining Holy Qur'an MTsS Lubuk Kilangan Padang masing-masing,

Arief Pratama dari Kelas IX, Salsabila Putri (IX), dan Dara Nur Latifah dari kelas VIII, sukses meraih juara 1 pada Madrasah Festival tingkat nasional yang dilaksanakan di Hotel Atria Gading Serpong, Banten, 10-14 Agustus 2023.

Keberhasilan siswa/wi MTsS Luki itu juga disaksikan langsung Kakanmenag Kota Padang H.Edi Oktafiandi, Hamy Mulyawan (ketua rombongan), Adri Kamal (ofisial), dan Kepala MTsS Lubuk Kilangan Zulmaidi.

Prestasi yang diraih siswa MTsS Luki tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis.

"Alhamdulillah, selamat kepada tim siswa MTsS Luki yang telah menukil prestasi. Ini pencapaian yang membanggakan tak hanya bagi madrasah itu, tapi Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat," kata Iskandar, Minggu (13/8/2023).

Iskandar menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus madrasah, yang telah sukses membina para siswa sehingga mampu mencatatkan berbagai prestasi tak hanya akademik, namun juga nonakademik.

Kepala MTsS Luki Zulmaidi mengungkapkan, pada Madrasah Festival tingkat nasional tim siswa MTsS Luki pada ajang itu didampingi salah seorang guru, Sonia Febrica.

"Ini adalah amanah pertama yang dipercayakan oleh Kanwil Kementrian Agama Provinsi Sumatera Barat, dan prestasi nasional buat madrasah kami," kata Zulmaidi.

Ia mengucapkan kepada terimakasih tak terhingga kepada PT Semen Padang yang selalu mendukung MTsS Luki. Ucapan yang sama juga disampaikan kepada pengurus KAN Lubuk Kilangan. "Ini adalah kado terbaik kami di awal Tahun ajaran baru," kata Zulmaidi

Kakanmenag Kota Padang H. Edi Oktafiandi turut menyampaikan selamat kepada tim siswa MTsS Luki. "Teruslah berlatih mengasah potensi dan kemampuan agar bisa mempertahakan berprestasi gemilang," ucapnya.

Madrasah Festval tingkat nasional digelar Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam.

Ada 5 perlombaan pada Madrasah Festival tahun 2023, yakni Memorizing Holy Qur’an, Explaining Holy Qur’an, Memorizing Hadith, Reading Islamic Turats, Islamic Issues Debate Contest.

Selain itu, juga dilakukan penilaian pada lomba Festival Madrasah, yaitu Reciting Holy Qur’an,Voice of Arabic, Student Chef, Calligraphy Fest, dan Creative Design Fest.

Madrasah Festival dilaksanakan dalam rangka membumikan dan memperkuat nilai-nilai keagamaan yang menjadi ciri khas madrasah untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab melalui kegiatan festival keagamaan madrasah yang diikuti oleh siswa madrasah terbaik se-Indonesia.

MTsS Luki berada di bawah naungan Yayasan Perguruan Islam (YPI) Lubuk Kilangan. Operasional madrasah sebagian besar dibantu oleh CSR PT Semen Padang, UPZ Baznas Semen Padang dan sebagian dari dana BOS pemerintah. MTsS Luki didirikan gratis untuk anak - anak yang kurang mampu dan berprestasi yang ada di Luki.