PM Kanada Justin Trudeau dan Ibu Negara umumkan akan berpisah usai 18 tahun menikah

id Berita riau terbaru, berita riau antara,berita riau terbaru,PM Kanada

PM Kanada Justin Trudeau dan Ibu Negara umumkan akan berpisah usai 18 tahun menikah

Pasangan Sophie dan Justin Trudeau (ANTARA/Shutterstock/am)

Trenton, Kanada (ANTARA) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Rabu (2/8) mengumumkan bahwa ia dan isterinya, Sophie, berpisah setelah menikah selama 18 tahun.

"Saya dan Sophie ingin mengabarkan bahwa, setelah melalui pembicaraan yang penuh makna dan sulit, kami memutuskan untuk berpisah," tulis Trudeau di Instragram.

Trudeau (51 tahun), yang menjabat perdana menteri sejak 2015, menikahi Sophi (48 tahun) pada 2006. Mereka dikaruniai tiga anak.

Perpisahan itu tampaknya dilakukan secara damai.

"Seperti biasanya, kami tetap menjadi keluarga yang erat, sangat menyayangi, serta menghormati satu sama lain dan semua hal yang telah kami bangun dan terus akan dibangun," kata Trudeau.

Pernyataan kantor Trudeau menyebutkan, "Mereka tetap menjadi keluarga erat. Perdana Menteri dan Sophie akan fokus membesarkan anak-anak dalam suasana yang aman, penuh kasih sayang, saling kerja sama."

"Kedua orang tua akan selalu berada dalam kehidupan anak-anak mereka dan rakyat Kanada akan bisa sering melihat keluarga tersebut dalam keadaan bersama."

Perpisahan yang dialami Trudeau itu sebelumnya terjadi pada mendiang ayahnya, Pierre Elliott Trudeau.

Pierre Trudeau menjadi perdana menteri pertama yang bercerai saat masih menjabat. Ia bercerai dari ibunda Justin, Margaret, pada 1984. Pierre wafat pada 2000.

Namun pada Justin Trudeau, kasus tersebut bukan merupakan perpisahan menyangkut rumah tangga semata, melainkan juga dalam kemitraan politik.

Sophie sangat terlibat dalam kehidupan Trudeau --sebagai penasihat suaminya itu-- saat mereka melalui tiga kali pemilihan federal yang sukses.

Sophie berperan penting dalam setiap keputusan besar yang diambil Trudeau.

Dalam biografi Trudeau, sang perdana menteri Kanada itu menceritakan momen pertama ia bertemu dengan Sophie pada 2003.

Ketika itu, Trudeau dan Sophie sama-sama menjadi tuan rumah acara Starlight Children's Foundation.

Setelah bercakap-cakap, Trudeau mengetahui bahwa Sophie bersekolah di tempat yang sama dengan mendiang adik Trudeau, Michel.

Baca juga: PM Kanada Justin Trudeau akan hadiri KTT ASEAN, G20 dan APEC

Baca juga: PM Trudeau sebut Kanada saat ini sedang menghadapi kebakaran hutan sangat parah


Sumber: Anadolu