Kantor Berita ANTARA terima penghargaan Kasad Awards 2023 untuk pemberitaan 3T

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, KASAD Awards

Kantor Berita ANTARA terima penghargaan Kasad Awards 2023 untuk pemberitaan 3T

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (dua kiri) menyerahkan trofi apresiasi Kasad Awards 2023 kepada Redpel Kantor Berita ANTARA GNC Aryani pada acara penyerahan penghargaan Kasad Awards 2023 di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta, Senin (10/7/2023). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Laman portal Kantor Berita ANTARA antaranews.com menerima penghargaan Kasad Awards 2023 untuk kategori pemberitaan Pembangunan di Daerah 3T, yang merupakan satu dari 10 kategori penghargaan pada ajang apresiasi media dari TNI Angkatan Darat.

Terpilihnya antaranews.com sebagai penerima penghargaan itu telah melalui proses penyaringan dan seleksi dari total 3 juta artikel dari 221 media daring oleh Dewan Juri Kasad Awards 2023 yang dipimpin Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu.

"Saya mengucapkan selamat kepada media online yang hari ini juga menang dalam acara Kasad Awards 2023. Dari berbagai media nasional, daerah, maupun (pers) mahasiswa. Tentunya, kegiatan Kasad Awards ini mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh media online, yang bagaimana mereka mempublikasikan tentang 10 dari isu-isu yang menjadi perhatian cukup strategis," kata Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat jumpa pers selepas penyerahan penghargaan Kasad Awards 2023 di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Senin malam (10/7).

Dalam acara penyerahan trofi penghargaan dan sertifikat itu, ANTARA diwakili oleh Redaktur Pelaksana GNC Aryani. Trofi dan sertifikat penghargaan Kasad Awards 2023 diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Dalam sambutannya, Ninik Rahayu menjelaskan Kasad Awards bukan suatu perlombaan, melainkan bentuk apresiasi bagi perusahaan pers yang dinilai konsisten memberitakan kegiatan TNI AD, terutama terkait 10 kategori, yaitu keberagaman dan toleransi, melawan radikalisme, pengarusutamaan gender, inovasi digital, solidaritas internasional, TNI AD di tengah kesulitan rakyat, pembangunan di daerah 3T, perlindungan anak, menekan kasus kekerdilan pada anak (stunting), dan pelestarian kebudayaan.

Ninik menjelaskan penyaringan itu ditujukan kepada berita-berita yang terbit di media-media nasional, daerah, dan pers mahasiswa selama periode Mei 2022 sampai dengan Mei 2023.

Untuk bobot penilaian, Dewan Juri menilai kualitas dan kuantitas pemberitaan yang masing-masing persentasenya 50 persen. Dalam tahap final, ada total 10 media nasional, 10 media daerah, dan empat media kampus yang meraih penghargaan tersebut.

Selain ANTARA, media yang mendapatkan penghargaan Kasad Awards itu ialah kompas.com, tempo.co, CNNIndonesia.com, liputan6.com, IDNTimes.com, Republika.co.id, Kumparan.com, dan kontan.co.id.

Media media daerah yang juga menerima apresiasi tersebut di antaranya NU.or.id, solopos.com, koran-jakarta.com, radarsolo.jawapos.com, dan krjogja.com; , sedangkan empat pers mahasiswa yang mendapat penghargaan ialah suarausu.or.id, pabelan-online.com, balairungpress.com, dan gelorasriwijaya.co.

Baca juga: Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman ganti dua Pangdam

Baca juga: KASAD Dudung serahkan bantuan sembako bagi anak stunting di Bengkalis