Universitas Kristen Maranatha Bandung lakukan PKM di Pekanbaru Lab School

id Universitas Kristen Maranatha Bandung, pekanbaru lab school

Universitas Kristen Maranatha Bandung lakukan PKM di Pekanbaru Lab School

Perwakilan dari Universitas Kristen Maranatha Bandung saat bertemu dengan pihak Pekanbaru Lab School. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Program Magister Psikologi Sains Universitas Kristen Maranatha Bandung mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) kelompok swadana yang diselenggarakan 9 Mei – 22 Juni 2023 di Yayasan Pekanbaru Lab School yang dipimpin Dr. Jacqueline Mariae Tjandraningtyas, S.Psi., M.Si.

Kegiatan ini berbentuk pemberian konseling psikologis. Program konseling yang diberikan dimaksudkan untuk membantu pengurus, guru, dan orang tua dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan perasaan, emosi, sosial, dan perilaku.

Pelaksanaan konseling dilakukan oleh tim abdimas yang terdiri dari lima orang mahasiswa. Metode pelaksanaan konseling dilaksanakan dengan dua moda: tatap muka dan daring (online). Konseling tatap muka dilakukan oleh mahasiswa yang berdomisili di Pekanbaru, sedangkan metode daring dilakukan oleh mahasiswa yang berasal dari luar kota Pekanbaru.

Masing-masing peserta mendapatkan tiga sesi konseling.

Joseph Triyadi, S. Psi., OT (R), selaku sekretaris yayasan mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha Bandung dan mahasiswa, atas program pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di yayasan Pekanbaru Lab School.

Dia mengatakan Yayasan dan sekolah terbantu oleh program ini, terutama pengurus, guru, dan orang tua yang mendapatkan program ini. "Kiranya program ini bisa terus berlanjut," pungkasnya.

Salah satu orang tua yang tidak mau disebutkan namanya mengaku dirinya dan keluarga merasa tertolong dengan adanya program konseling ini.

Permasalahan yang selama ini dihadapi oleh dirinya dan anak, bisa mendapatkan jalan keluar. "Kalau bisa, saya mau nambah sesi konseling untuk anak saya” katanya lagi.

Zakaria, salah satu mahasiswa peserta program pengabdian kepada masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Pekanbaru Lab School yang sudah bersedia bermitra dan kepada fakultas yang sudah memfasilitasi program ini.

"Terima kasih untuk Pekanbaru Lab School yang memberikan ruang untuk saya mengabdi kepada masyarakat dalam layanan psikologi. Semoga kerjasama ini dapat memberi dampak yang baik bagi keluarga besar PLS," ujarnya.