Ketua DPR RI nyatakan Jepang mitra yang berkomitmen bangun Indonesia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Jepang

Ketua DPR RI nyatakan Jepang mitra yang berkomitmen bangun Indonesia

Ketua DPR Puan Maharani bertemu Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA/HO-Humas DPR RI.)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan Jepang merupakan negara mitra yang berkomitmen dalam membangun Indonesia.

"Dengan segala bentuk dukungan yang diberikan, Jepang telah membuktikan dirinya sebagai mitra yang berkomitmen untuk membantu Indonesia mencapai kemajuan ekonomi yang berkelanjutan," katanya di Jakarta, Senin.

Penegasan itu disampaikan Puan saat bertemu Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito di sela-sela kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia. Puan pun berharap kesempatan ini dapat menjadi momentum dalam memperkuat hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang.

Pertemuan Puan dengan Kaisar Naruhito berlangsung di salah satu hotel di Jakarta, Senin malam.

Audiensi Puan dengan Kaisar Naruhito dilakukan bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Puan dan sejumlah menteri tersebut tergabung dalam Grup A yang melakukan audiensi dengan Kaisar Naruhito dan duduk satu meja. Kaisar Naruhito lalu menyampaikan greeting ke masing-masing perwakilan grup.

Dalam pertemuan itu, Puan mengucapkan apresiasi atas hubungan baik antara Indonesia dan Jepang. Menurut Puan, hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang sudah terjalin dengan baik selama 65 tahun ini dan banyak kerja sama yang dilakukan oleh kedua negara.

Puan juga menekankan komitmennya untuk memberikan dukungan politik bagi perkuatan hubungan Indonesia dan Jepang. DPR sendiri telah memiliki Group Kerja Sama Bilateral (GKSB) antara parlemen Indonesia dengan Jepang.

Melalui GKSB Indonesia-Jepang, DPR telah menunjukkan keseriusannya dalam memperkuat hubungan politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan antara kedua negara.

"Kami sangat menghargai dan mengharapkan dukungan yang berkelanjutan dari Kaisar Jepang dalam memajukan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang di masa depan," harapnya.

Sebelumnya, Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Keduanya tiba di Indonesia pada Sabtu (17/6) dan telah melakukan sejumlah kegiatan.

Kunjungan Kaisar Hironomiya Naruhito ke Indonesia ini merupakan yang perdana sejak ia dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada tahun 2019. Kaisar bersama Permaisuri akan berada di Indonesia selama tujuh hari.

Baca juga: Puan Maharani sebut DPR siap laksanakan putusan MK soal sistem pemilu

Baca juga: Istana: Kaisar Naruhito kenang Kebun Raya Bogor cerita langsung dari orang tua