Kemarin, Prabowo Subianto respons PM Belanda hingga PDIP patuhi putusan MK

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Prabowo

Kemarin, Prabowo Subianto respons PM Belanda hingga PDIP patuhi putusan MK

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menjawab pertanyaan pers di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri, Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/6/2023). (ANTARA/Fath Putra Mulya/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa bidang politik terjadi pada Jumat (16/6) mulai dari Menhan Prabowo Subianto merespons PM Belanda yang mengakui kemerdekaan Indonesia jatuh pada 17 Agustus 1945 hingga PDIP yang mematuhi putusan MK terkait sistem pemilu.

Berikut rangkuman berita bidang politik pilihan LKBN ANTARA.

1. Prabowo sambut baik PM Belanda akui tanggal kemerdekaan RI

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyambut baik dan menyampaikan terima kasih terkait pernyataan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte yang mengakui 17 Agustus 1945 sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Prabowo menyampaikan hal itu saat diwawancarai usai menghadiri Dialog Kebangsaan di Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri. Dia juga mengatakan akan lebih baik jika Rutte meminta maaf kepada Indonesia.

"Ya, alhamdulillah, terima kasih. Syukur-syukur juga kalau dia (Rutte) minta maaf atas apa yang mereka (Belanda) buat selama itu di Indonesia, tapi rajanya sudah minta maaf," kata Prabowo kepada pers di Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Selengkapnya di sini.

2. Gubernur Samarkand tindak lanjuti usul Wapres soal Perpustakaan Sukarno

Gubernur Kota Samarkand Erkinjon Turdimov akan menindaklanjuti usulan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tentang pembangunan Sukarno Memorial Library (perpustakaan untuk mengenang Sukarno) di kompleks makam Imam Bukhari di Samarkand, Uzbekistan.

Hal itu disampaikan Gubernur Erkinjon kepada Wapres dalam acara jamuan makan malam santai di Mezana Restaurant, Eternal City Samarkand, Kamis (15/6) malam waktu setempat, sebagaimana diutarakan Wapres.

"Beliau (Gubernur) mengatakan prinsipnya setuju tapi itu harus dibicarakan dengan dewan ulama di sini. Itu akan dibicarakan nanti usulan itu," kata Wapres usai jamuan makan malam.

Selengkapnya di sini.

3. IPO: PPP jenius apabila berkoalisi dengan PDIP

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menilai bahwa Partai Persatuan Pembangunan (PPP) jenius apabila berhasil menjalin koalisi secara resmi dengan PDI Perjuangan sebab menjatuhkan pilihan pada mitra yang tepat.

“Makanya kalau sampai terjadi koalisi PDIP dengan PPP, maka PPP termasuk partai yang di satu sisi dia jenius karena bisa memilih mitra yang baik," kata Dedi dalam acara pemaparan rilis survei IPO di Jakarta Pusat, Jumat.

Selengkapnya di sini.

4. IPO: Elektabilitas Erick Thohir tertinggi sebagai bakal cawapres

Hasil survei terbaru dari Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meraih elektabilitas tertinggi sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) di antara sejumlah nama potensial lainnya.

"Untuk (bakal) cawapres ini adalah nama-nama yang kami tawarkan kepada publik, tertinggi Erick Thohir," kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah saat menyampaikan hasil survei di Jakarta Pusat, Jumat.

Selengkapnya di sini.

5. Said Abdullah sebut PDIP patuh terhadap putusan MK

Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan partainya patuh terhadap putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan sistem pemilihan umum (pemilu) tetap proporsional terbuka.

“Prinsipnya, kami siap dan patuh terhadap putusan MK,” ujar Said Abdullah dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (15/6).

Selengkapnya di sini.