Gawat, satu tewas dan tiga warga hilang di Pantai Lombok

id Tim SAR,Pantai Ketapang,Kecamatan Pringgabaya,Lombok Timur,Orang Tenggelam

Gawat, satu tewas dan tiga warga hilang di Pantai Lombok

Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang korban yang ditemukan meninggal dunia akibat tenggelam di Pantai Ketapang, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jumat (2/6/2023). ANTARA/HO-Basarnas

Mataram (ANTARA) - Satu wisatawan lokal ditemukan tewas dan seorang korban selamat serta tiga warga lainnya dilaporkan hilang usai tenggelam di Pantai Ketapang, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Jumat, pukul 14.30 Wita.

Juru Bicara Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mataram I Gusti Lanang Wisnuwananda membenarkan adanya peristiwa sejumlah orang yang tenggelam di Pantai Ketapang, Kecamatan Pringgabaya.

"Kami terima informasi dari Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pringgabaya bahwa telah terjadi kondisi membahayakan manusia di Pantai Ketapang," katanya.

Ia menyebutkan korban selamat atas nama Arya (7), dan korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia bernama Abi Holid (13). Sedangkan tiga korban yang masih hilang, yakni Gian Heri Apriandi (18), AbdulHakim umur (25), dan Ziat (13).

Seluruh korban yang masih ada hubungan keluarga itu merupakan warga Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur.

Lanang mengatakan kronologis kejadian berawal dari korban selamat (Arya), tiba-tiba terseret ombak saat mandi di pantai. Empat orang keluarganya mencoba menolong, namun mereka tenggelam.

"Korban yang masih SD berhasil selamat, namun yang menolong tenggelam. Itu informasi dari pihak keluarga," ujarnya.

Berdasarkan laporan warga, kata dia, Kantor SAR Mataram mengerahkan lima orang personel Pos SAR Kayangan untuk melakukan upaya pencarian terhadap empat orang yang tenggelam.

Upaya pencarian juga dilakukan bersama dengan anggota TNI Angkatan Darat dan polisi serta warga setempat.

"Tim SAR gabungan berhasil menemukan korban kedua dalam kondisi meninggal dunia. Namun, tiga korban lainnya belum berhasil ditemukan hingga malam hari. Pencarian akan dilanjutkan pada Sabtu pagi," ucapnya.