Berkas pendaftaran bacaleg Nasdem Meranti akhirnya dinyatakan lengkap

id Pendaftaran bacaleg ,Partai Nasdem Meranti ,Bacaleg Meranti

Berkas pendaftaran bacaleg Nasdem Meranti akhirnya dinyatakan lengkap

Ketua DPD Partai Nasdem Kepulauan Meranti menyerahkan berkas bacaleg dan diterima oleh Ketua KPU Abu Hamid, Jumat (12/5/2023) (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Berkas bacaleg yang diserahkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kepulauan Meranti saat pendaftaran ulang di KPU setempat akhirnya dinyatakan lengkap dan diterima.

Hal itu terungkap saat Ketua Partai Nasdem Roni Samudera beserta beberapa pengurusnya kembali mendatangi kantor KPU sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka disambut hangat oleh jajaran komisioner KPU.

Berkas bacaleg yang sebelumnya ada sedikit kekurangan karena ada perbedaan nama jabatan di dalam sistem Sipol dan Silon telah disinkronkan Partai Nasdem. Saat diverifikasi kembali oleh petugas, berkas tersebut dinyatakan diterima.

"Alhamdulillah sudah siap dan selesai semuanya. Berkas bacaleg kami telah diterima oleh KPU," ungkap Ketua Partai Nasdem Kepulauan Meranti, Roni Samudera saat dihubungi ANTARA, Jumat.

Roni sangat berterimakasih kepada seluruh pengurus, LO admin, dan bacaleg Partai Nasdem telah bekerja keras dalam menuntaskan semua persiapan pendaftaran. Tak terlebih juga kepada KPU dan Bawaslu Meranti yang begitu baik dalam menerima kedatangan pihaknya saat melakukan pendaftaran.

"Terimakasih kepada seluruh pengurus dan bacaleg Partai Nasdem dalam menuntaskan kerja ini," sebut Roni.

Diberitakan sebelumnya, setelah Partai PDI Perjuangan, pendaftaran bacaleg selanjutnya disusulkan oleh Partai Nasdem Kepulauan Meranti. Tepat pada Kamis kemarin pukul 11.00 WIB, rombongan partai Nasdem merapat ke kantor KPU setempat.

Saat menyerahkan berkas bacaleg dan diverifikasi kelengkapannya ke petugas, ternyata ditemukan salah satu poin yang tidak memenuhi syarat sehingga berkas dikembalikan ke partai.

Saat berkasnya dicek, terdapat perbedaan antara nama sekretaris partai yang tercantum di dalam Sistem Sipol dengan Silon. Di dalam Sipol tertera nama sekretaris yang baru, sementara di Silon tertera nama sekretaris yang lama (sudah tidak menjabat).

Saat diwawancarai, Ketua Partai Nasdem Kepulauan Meranti Roni Samudera mengakui hal tersebut bukanlah kendala namun hanya persoalan biasa dalam proses pendaftaran. Ia menyebutkan selain persoalan itu, berkas bacaleg mereka sudah dinyatakan lengkap oleh KPU.

"Sebenarnya bukan kendala, tetapi itu hanya mis koneksi antara aplikasi Silon dan Sipol. Itu hanya proses, Alhamdulillah sudah kita lalui dan selesai," ungkap Roni.

Meski begitu, Partai Nasdem telah melengkapi formasi bacaleg di seluruh dapil sebanyak 30 orang. "Kita menargetkan satu dapil satu kursi. Di situ ada satu petahana dan dua mantan anggota DPRD," tambah Roni.