Irak telah ekspor sekitar 99 juta barel minyak mentah pada April

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,minyak

Irak telah ekspor sekitar 99 juta barel minyak mentah pada April

Foto yang diambil pada 7 Maret 2016 menunjukkan api masih mengiringi pengambilan minyak dari lapangan Baba Karkar. (ANTARA/Xinhua/Foto Dokumen)

Baghdad (ANTARA) - Irak mengekspor sekitar 98,63 juta barel minyak mentah pada April, menghasilkan pendapatan 7,79 miliar dolar AS, kata kementerian perminyakan negara itu pada Selasa (2/5/2023).

Harga rata-rata minyak mentah Irak pada April adalah 79 dolar AS per barel, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan, mengutip statistik dari State Organization for Marketing of Oil, sebuah perusahaan Irak.

Dikatakan bahwa semua ekspor minyak mentah selama bulan itu berasal dari ladang minyak di Irak tengah dan selatan melalui pelabuhan Basra.

Pada akhir Maret, Irak menghentikan ekspor sekitar 450.000 barel minyak per hari dari ladang utaranya ke pelabuhan Ceyhan di Mediterania Turki melalui pipa, setelah memenangkan kasus arbitrase melawan Turkiye atas perselisihan panjang tentang ekspor minyak independen oleh Pemerintah Daerah semi-otonom Kurdistan.

Pada 4 April, pemerintah federal Irak dan pemerintah daerah Kurdi menandatangani perjanjian sementara untuk melanjutkan ekspor minyak Kurdi melalui Turkiye. Tapi Turkiye terus menghentikan aliran minyak, dengan mengatakan ingin merundingkan arbitrase sebelum ekspor minyak dilanjutkan.

Perekonomian Irak sangat bergantung pada ekspor minyak mentah, yang menyumbang lebih dari 90 persen pendapatan negara.

Baca juga: Harga minyak bersiap catat kerugian mingguan ke-2 karena kekhawatiran resesi

Baca juga: Kemendag turunkan pasokan minyak goreng dalam negeri jadi 300 ribu ton per bulan