Riau tuan rumah penyelenggara Nasional Halal Fair 2023

id KNEKS,Festival halal

Riau tuan rumah penyelenggara Nasional Halal Fair 2023

Sejumlah produk UMKM binaan PT Arara Abadi/Sinarmas berupa Madu Diara, Jahe Merah, serta produk UMKM lain di Riau bakal mengisi acara Nasional Halal Fair 2023 digelar KNEKS di Riau pada 23 Maret-27 April 2023. (ANTARA/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Provinsi Riau menjadi salah satu dari delapan provinsi se-Indonesia akan menjadi penyelenggara kegiatan Nasional Halal Fair 2023, yang digagas oleh Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mulai 23 Maret-23 April di beberapa lokasi.

"National Halal Fair merupakan wadah integrasi berbagai kegiatan di sektor ekonomi dan keuangan syariah (Eksyar) di daerah yang akan berlangsung serentak di delapan provinsi pada bulan Ramadhan 2023," kataDirektur Infrastruktur Ekosistem KNEKS, Sutan Emir Hidayat kepada wartawan di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, delapan provinsi tempat pelaksanaan National Halal Fair 2023 adalah Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Lampung, Sulawesi Selatan, dan Riau.

Untuk di Riau katanya, National Halal Fair 2023 akan dilakukan di beberapa tempat, yakni Ramadhan Fair mulai 7-23 April di Living World Pekanbaru, Ramadhan Super 27 Maret-23 April di AERO Sport Simpang Tiga.

"Berikutnya Bazaar Ramadhan Simpang Tiga pada 23 Maret-22 April yang berlokasi di Kantor Camat Bukit Raya, Pasar Ramadhan Masjid Raya mulai 23 Maret sampai 22 April di Halaman Masjid Raya Pekanbaru," katanya.

Semarak Ramadhan 25 Maret sampai 20 April 2023 berlokasi di Masjid Agung An-Nur, serta Bazar Ramadhan Pedagang Kaki Lima mulai 25 Maret-20 April 2023 berlokasi di 11 kecamatan di Kota Pekanbaru.

Sutan Emir Hidayat menyebutkan peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya kini mencapai 99 persen dari keseluruhan unit usaha.

"Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) juga mencapai 60,5 persen, dan terhadap penyerapan tenaga kerja mencapai 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja nasional," katanya.

Berdasarkan besar potensi UMKM maka KNEKS beserta pemangku kepentingan di daerah membuat kegiatan National Halal Fair yang menjadi salah satu solusi untuk para pelaku usaha kecil menengah dalam mempromosikan produk UMKM kepada masyarakat.

"Kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat melalui pendayagunaan UMKM dan mempererat silaturrahim di bulan suci Ramadhan 2-23," demikian Sutan.