Wapres Ma'ruf Amin pimpin Rapat Pleno KNEKS evaluasi capaian kinerja

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Wapres

Wapres Ma'ruf Amin pimpin Rapat Pleno KNEKS evaluasi capaian kinerja

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin Rapat Pleno KNEKS di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/12/2022). (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Jakarta (ANTARA) - Wakil PresidenMa'ruf Amin memimpin Rapat Pleno Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, untuk mengevaluasi pencapaian kinerja lembaga tersebut hingga akhir 2022.

"Hari ini, kita fokus untuk mengevaluasi perkembangan capaian hingga akhir tahun 2022 dan menentukan langkah-langkah percepatannya," kata Ma'rufAmin dalam pengantar rapat di Jakarta, Selasa.

Ma'rufAmin mengingatkan dalam Rapat Pleno KNEKS sebelumnya, pada 20 Mei 2022, dia telah memberikan sejumlah arahan, antara lain soal pengembangan industri halal dan optimalisasi kawasan industri halal, penyusunan data ekonomi syariah, penguatan bisnis sertifikasi dan percepatan sertifikasi halal usaha mikro dan kecil (UMK), serta pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS).

Ma'rufAmin, yang juga merupakan Ketua Harian KNEKS,menekankan bahwa semua arahan itu merupakan tugas yang harus dikerjakan bersama. Dia berterima kasih kepada seluruh kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L), pemerintah daerah, serta pemangku kepentingan terkait atas kerja sama dan sinergi yang telah dibangun.

"Rapat Pleno hari ini sekaligus menegaskan semangat dan itikad kita untuk bersama mewujudkan Indonesia sebagai produsen halal terkemuka di dunia. Untuk itu, saya ingin mendengarkan laporan kemajuan sampai akhir tahun 2022, termasuk kendala yang dihadapi serta dukungan yang diperlukan agar target bisa dicapai," ujarnya.

Turut hadir dalam rapat pleno itu antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK)Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Pariwisata dan Ekonomi KreatifSandiaga Uno, serta Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK)Mahendra Siregar.

Baca juga: Menteri Keuangan Sri Mulyani laporkan persiapan Rapat Pleno KNEKS kepada Wapres

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin minta kebebasan pers disertai tanggung jawab sosial