BBPOM di Pekanbaru latih petugas pasar di Siak ketahui bahan berbahaya

id Bbpom pekanbaru,Pasar siak, bahan berbahaya, bbpom di pekanbaru

BBPOM di Pekanbaru latih petugas pasar di Siak ketahui bahan berbahaya

Suasana bimtek. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Untuk memberdayakan komunitas pasar dalam melaksanakan pengawasan keamanan pangan pasar secara mandiri berbasis komunitas di Kabupaten Siak, BBPOM di Pekanbaru menyelenggarakan bimbingan teknis kepada petugas pengelola pasar dan fasilitatornya, Kamis (9/3) pekan kemarin.

Kepala Bidang Pengelola Pasar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Siak Fuad Alsagaf dalam kesempatan tersebut sangat menyambut baik kegiatan seperti ini dan siap untuk melakukan replikasi di pasar lainnya yang ada di Siak.

Dia berpesan kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar dapat berperan serta mewujudkan pasar pangan aman di Pasar Belantik Raya.

Dengan dilaksanakannya bimbingan teknis ini diharapkan dapat mencetak kader pasar dan fasilitator pasar yang mampu melakukan pengawasan mandiri terhadap bahan berbahaya, bahan pangan maupun produk pangan.

Sementara itu, materi yang disampaikan oleh fasilitator BBPOM di Pekanbaru IGA Natari dan Maranata Parulian, yaitu pengetahuan bahan berbahaya, identifikasi pasar untuk pengendalian bahan berbahaya, identifikasi pedagang pasar dan inventarisasi.

Kemudian, pengambilan contoh bahan makanan dan minuman, pengujian bahan berbahaya meliputi teori dan praktik, monitor evaluasi dan pengawasan pasar aman dari bahan berbahaya. Selanjutnya materi KIE yaitu Cek KLIK, Call Center Halo BPOM/ULPK dan 5 Kunci Keamanan Pangan Ritel.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan seperangkat alat pengujian bahan berbahaya sepertiformalin, boraks, Rhodamin B dan methanyl yellow. Selain itu juga diserahkan poster untuk pemberian KIE kepada komunitas pasar.