BPBD: Tak ada kerusakan akibat guncangan gempa di Pesisir Selatan Sumbar

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,gempa Sumbar

BPBD: Tak ada kerusakan akibat guncangan gempa di Pesisir Selatan Sumbar

Kepala Kedaruratan BPBD Pesisir Selatan, Defri Siswanto. (ANTARA/Dok pribadi)

Painan (ANTARA) - Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Defri Siswanto menyampaikan tidak ada kerusakan akibat gempa bermagnitudo 5,6 yang mengguncang di daerah itu, Kamis.

Menurutnya, hingga kini kondisi masih terkendali, bahkan belum ada laporan terkait adanya kerusakan atau jatuhnya korban pasca-gempa yang diprediksi sangat dekat dengan SMP 5 Kecamatan Sutera itu.

"Kami juga sudah kirimkan tim ke daerah pusat gempa. Tadi warga di pusat gempa memang agak sedikit syok," katanya di Painan, Kamis.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada Kamis 2 Maret sekitar pukul 06.05.23 WIB melaporkan telah terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 dengan 1.65 Lintang Selatan (LS) dan 100.71 Bujur Timur (BT).

Lokasi gempa diperkirakan di bagian Selatan Sumatra, 36 km Tenggara Pesisir Selatan, 59 km Barat Daya Solok Selatan, 78 km Tenggara Kota Padang, 84 km Barat Laut Kerinci, dan 844 km Barat Laut Jakarta.

Defri melanjutkan sejak kejadian warga sekitar dan Pesisir Selatan umumnya tetap beraktivitas seperti biasa dan seluruh kegiatan pelayanan publik terpantau berjalan normal.

Apalagi berdasarkan keterangan yang ia terima dari BMKG gempa dengan kedalaman 82 km itu tidak berpotensi berpotensi tsunami.

"Meski demikian masyarakat harus selalu waspada jika terjadi gempa susulan," sebutnya.

Rido (45), salah seorang warga Painan mengaku berhamburan keluar rumah saat gempa berlangsung. Ia menilai getaran gempa yang terjadi pagi itu cukup kuat terasa.

"Betapa tidak, kalau ndak salah dua kali. Awalnya berayun biasa saja, tapi kemudian bergetar," terangnya.

Baca juga: Korban meninggal dunia akibat gempa di Pasaman Barat bertambah menjadi 10 orang

Baca juga: Pagar Puskesmas di Dumai roboh usai gempa di Pasaman Barat