Pagar Puskesmas di Dumai roboh usai gempa di Pasaman Barat

id Gempa bumi, Puskesmas Medang Kampai Dumai,Gempa sumbar, gempa pasaman

Pagar Puskesmas di Dumai  roboh usai gempa di Pasaman Barat

Pagar Puskesmas di Dumai yang roboh akibat getaran gempa di Pasaman Barat. (ANTARA/tangkapan layar)

Dumai (ANTARA) - Guncangan gempa bumi tektonik kekuatan Magnitudo (M) 5,2 di Pasaman Barat sekitar pukul 8.35 WIBjuga terasa di Kota Dumai dan membuat tembok pagar Puskesmas Medang Kampai Dumai dilaporkan rubuh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Dumai Adyan Bangga mengatakan saat ini belum dapat ditaksir kerugian dampak dari guncangan gempa berada di 18 Kilometer Pasaman Barat itu.

"Untuk kerugian masih menunggu data dari kepala puskesmas dan hanya pagar samping yang rubuh," kata Adyan kepada wartawan, Jumat.

Dijelaskan, secara umum kondisi Dumai akibat ikut terguncang gempa Pasaman Barat disusul dengan gempa berkekuatan 6,2 pada pukul 8.39 WIB ini aman terkendali, dan petugas sudah melakukan patroli keliling untuk memastikan keadaan.

Selain patroli keliling, petugas BPBD juga memastikan kondisi Dumai aman terkendali lewat pemantauan udara dan debit air sungai sebagai upaya penanganan lebih lanjut terhadap guncangan gempa yang tidak berpotensi tsunami ini.

"Kita juga patroli udara lewat drone dan pemantauan debit air sungai, Alhamdulillah Dumai tidak berdampak berat karena guncangan gempa," sebutnya.

Goyangan gempa yang terasa di Dumai ini membuat warga spontan berhamburan keluar ruangan, seperti di rumah, perkantoran, sekolah dan tempat kerja.

"Terasa bergoyang, saya kira ada truk besar lewat, tapi baru sadar gempa setelah melihat air dalam drum berguncang dan ada panggilan ibu minta kita semua keluar dari rumah," kata Ilham, warga Jalan Sidorejo Dumai.

Baca juga: Beberapa bangunan rusak akibat gempa di Pasaman Barat

Baca juga: Warga Pekanbaru rasakan gempa Pasaman Barat