Kanwil Kemenag Riau matangkan persiapan keberangkatan jamaah haji

id Kanwil Kemenag Riau,haji 2023

Kanwil Kemenag Riau matangkan persiapan keberangkatan jamaah haji

Kepala Kanwil Kemenag Riau Mahyudin. Antara.

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) bersama Pemprov Riau mematangkan berbagai persiapan menjelang keberangkatan jamaah haji yang dijadwalkan kloter pertama pada akhir Mei 2023.

"Kanwil Kemenag Riau bersama instansi terkait sudah tiga kali melakukan pertemuan membahas persiapan keberangkatan haji tahun 2023," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau didampingi Kepala Seksi (Kasi) Bina Haji dan Umrah Kemenag Riau Rahmad Suhadi di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan Kanwil Kemenag Riau bersama instansi terkait sudah memulai rapat persiapan lintas sektor sejak November 2022, yakni bersama Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Angkasa Pura dan Biro Kesra Setdaprov Riau.

Jamaah Calon Haji (JCH) Riau pada tahun 2023, katanya, akan diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau dengan kuota yang berangkat ke Tanah Suci mencapai 5.030 orang.

"Tim KKP Provinsi Riau juga sudah melakukan penilaian dan uji kelayakan asrama haji Riau. Insya Allah tidak ada masalah, asrama haji sudah siap untuk memberangkatkan calon jamaah haji tahun 2023," ujarnya.

Sementara kuota jamaah haji untuk Riau pada musim haji 2023 sebanyak 5.030 orang. Jumlah ini sama dengan kuota normal pada musim haji tahun 2019 atau sebelum pandemi COVID-19.

Ia mengatakan Kemenag Riau juga sudah melakukan pendaftaran calon petugas haji mulai dari 6-13 Januari 2023. Seleksi tahap pertama pada 17 Januari 2023 untuk kabupaten/kota. Itu untuk formasi ketua kloter atau TPHI, setelah itu ada seleksi kedua.

"Berikutnya untuk rekrutmen petugas haji daerah (PHD). Menyiapkan dokumen para calon haji, antara lain paspor. Bagi yang belum membuat paspor agar segera mengurus paspor dan yang masa berlaku sudah habis agar segera membuat perpanjangan," katanya.

Tahapan yang lain adalah vaksin meningitis, cek kesehatan. Dilanjutkan dengan kegiatan manasik haji reguler delapan kali di tingkat KUA dan dua kali di tingkat kabupaten/kota.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenag Riau matangkan persiapan keberangkatan jamaah haji