Warga Lapas Teluk Kuantan Provinsi Riau bangun RLH bagi keluarga miskin

id Kemenkumham Riau

Warga Lapas Teluk Kuantan Provinsi Riau bangun RLH bagi keluarga miskin

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu di acara peletakan batu pertama menandai pembangunan rumah layak huni bersama Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, di Teluk Kuantan, Selasa (29/11). ANTARA.

Pekanbaru (ANTARA) - Lapas Kelas II B Teluk Kuantan bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) membangun sebuah rumah layak huni bagi Kasani (70) warga Dusun Perhentian Buayan Desa Jake, Teluk Kuantan.

"Pembangunan rumah layak huni ini menjadi sarana reintegrasi sosial bagi WBP sebelum bebas," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Mhd. Jahari Sitepu di acara peletakan batu pertama menandai pembangunan rumah layak huni bersama Plt. Bupati Kuansing, Suhardiman Amby, di Teluk Kuantan, Selasa.

Jahari mengatakan, pembangunan rumah layak huni ini akan memanfaatkan tenaga kerja warga binaan Lapas Teluk Kuantan.

Mereka, kata Jahari lagi, adalah warga binaan terlatih dan sudah biasa menjadi tukang bangunan melalui program pembinaan keterampilan narapidana.

"Pada kesempatan ini diharapkan menjadi pembuka pintu maaf masyarakat karena WBP telah melakukan perbuatan melanggar hukum. Juga memberikan pengalaman dan kesempatan bagi WBP agar memiliki keterampilan pertukangan untuk nafkah hidup bebas nanti," katanya.

Jahari menjelaskan, reintegrasi sosial adalah sebagian upaya untuk membangun kembali kepercayaan, modal sosial, dan hubungan dengan masyarakat.

Ia menjelaskan kecenderungan adanya anggapan warga binaan sudah melukai hati masyarakat dengan pelanggaran hukum yang dilakukan.

"Namun demikian warga binaan diharap berubah menjadi lebih baik selama menjalani pembinaan di lapas/rutan. Diharapkan kegiatan ini bermanfaat dan mendatangkan keberkahan buat jajaran Kemenkumham.

"Mari kita rajin berinfak, bersedekah dan mengeluarkan zakat, dan salurkan melalui Baznas," demikian Jahari.