509 orang kontingen Siak siap berlaga di Porprov Riau X

id Siak, bupati, porprov, kontingen

509 orang kontingen Siak siap berlaga di Porprov Riau X

Bupati Siak, Alfedri bersama para atlet, pelatih, dan perangkat tim serta panitia usai kegiatan pelepasan di Lapangan Siak Bermasalah. (ANTARA/Bayu Agustari Adha)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri melepas 509 atlet, pelatih, perangkat, dan panitia untuk Pekan Olahraga Provinsi X di Kabupaten Kuantan Singingi yang akan berlangsung mulai 12 November mendatang dengan mempertandingkan 26 cabang olahraga.

"Kami Apresiasi Komite Olahraga Nasional Indonesia Siak yang sudah melakukan persiapan bersama pengurus cabang olahraga dan juga mempersiapkan atlet dengan baik. Kami yakin Siak akan memperoleh prestasi terbaik di Porprov," kata bupati saat melepas kontingen di Lapangan Siak Bermalam, Kamis kemarin.

Lebih lanjut, dia mengharapkan agar kontingen Kabupaten Siak berhasil mendapatkan posisi tiga besar. Pasalnya pada Porprov XI di Kabupaten Kampar empat tahun lalu Siak tembus empat besar.

Berbekal pengalaman tersebut diharapkan yang mendapat emas dulunya tetap pertahankan. Dan jika bisa ditambah lagi koleksi emas tambahan agar bisa meningkat posisinya.

"Sebagai kabupaten pemekaran itu prestasi yang membanggakan, dan lebih membanggakan bisa meraih tiga besar. Cabang olahraga yang pernah meraih emas Porprov lalu seperti takraw, angkat berat, atletik, silat, taekwondo. Ada 36 harus dapat emas lagi. Tambahlah dari tenis lapangan minimal dua," ucap Alfedri.

Maka dari itu, dia mengingatkan kepada atlet untuk mengikuti arahan pelatih dalam hal teknik dan strategi yang disampaikan. Dalam kompetisi kunci utama harus sehat sehingga stamina harus tetap dijaga dan hindari begadang.

Sementara itu Ketua KONI Siak, Nasruddin mengatakan dari 26 cabang olahraga yang dipertandingkan, tiga cabang tak diikuti kontingen ini karena di Siak belum ada Pengcabnya.

"Kita mengikuti 23 cabang tahun ini yang dibagi tiga tempat. Panjat tebing dilaksanakan di Kabupaten Inderagiri Hulu, renang di Kota Pekanbaru, dan 21 cabang lainnya di Kuansing," jelasnya.

Dia merinci kontingen atlet berjumlah 349 orang terdiri dari 215 putra dan 134 putri. Sementara pelatih dan perangkat tim berjumlah 105 orang beserta panitia 55 orang.

Baca juga: Bupati Bengkalis lepas kontingen untuk Porprov Riau

Baca juga: Lepas kontingen Inhildi Porprov X, Bupati janjikan bonus Rp1,5 miliar