Angkasa Pura II Pekanbaru tanam ribuan bakau di Bengkalis

id Angkasa, Pura II, Pekanbaru,tanam,ribuan ,mangrove ,di Bengkalis

Angkasa Pura II Pekanbaru tanam ribuan bakau di Bengkalis

PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim  (SSK)  II  menanam  6.200 mangrove di Pantai Wisata Raja Kecik, Bengkalis, Riau, Kamis (20/10/2022).ANTARA/SSK II (Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II menanam 6.200 bakau di Pantai Wisata Raja Kecik, Bengkalis, Riau sebagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bagi masyarakat setempat.

Jamin Pinem selaku Manager of Maintenance and Facility Bandara SSK II Pekanbaru menjelaskan bahwa alasan utama penanaman mangrove adalah untuk mencegah rob/abrasi air laut di wilayah Pantai Wisata Raja Kecik Riau.

"Selain itu, penanaman mangrove sejalan dengan program Pemkot Bengkalis dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) lingkungan hidup guna pencegahan abrasi di pinggir Pantai Kota Bengkalis," kata Pinem melalui rilisnya kepada ANTARA di Pekanbaru, Kamis.

Pinem mengatakan, bahwa kegiatan penanaman mangrove dilakukan oleh PT Angkasa Pura II bersama camat, perwakilan LSM dan puluhan warga di Pantai Wisata Raja Kecik yang berjarak 60 KM dari Kota Bengkalis mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 11.00 WIB.

Tanaman mangroveatau bakau memilikifungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup, diantaranya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai.

"Dengan kata lain, tumbuhanmangrovemampu menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai," katanya.