Ketua DPP ADKI ajak Kamsol cepat kembangkan desa kreatif

id Desa kreatif,Kamsol, bupati kampar

Ketua DPP ADKI ajak Kamsol cepat kembangkan desa kreatif

Ketua DPP ADKI Fikri Al Azis bersama Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. (ANTARA/dok)

Kampar (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Fikri El-Aziz mengajak Ketua ADKI Provinsi Riau Kamsol lari cepat kembangkan Desa Kreatif di Kabupaten Kampar.

"Saya sangat berharap pak Kamsol bisa lari cepat untuk mengembangkan Desa Kreatif di Kampar, sebab Kampar memiliki potensi besar untuk lebih maju dari kabupaten lainnya," kata Fikri saat dimintai tanggapannya melalui saluran selulernya, Jumat.

Ia menjelaskan, ada tiga subsektor unggulan yang harus dikembangkan berkaitan dengan perannya dalam pertumbuhan ekonomi kreatif yang mencakup subsektor kriya, kuliner, fashion. Ketiga subsektor ini menyumbang sekitar 76 persen PDB ekonomi kreatif.

"Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) merupakan Asosiasi yang fokus melakukan pendampingan di Bidang Ekonomi Kreatif dan Wirausaha di Desa Kreatif. ADKI mendukung penuh gerakan dari Presiden Republik Indonesia yang menjadikan Desa sebagai titik awal Pembangunan Indonesia," ujarnya.

Sejak Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan Keputusan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kepmen) Nomor KM/107/KD.03/2021 Tahun 2021 tentang Panduan Pengembangan Desa Kreatif, sebagai upaya untuk mengembangkan dan menggali potensi kreativitas masyarakat desa di tanah air sehingga menjadi kekuatan dalam pemulihan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

"Dengan telah ditetapkannya Kepmen ini, diharapkan dapat dijadikan acuan oleh kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, asosiasi, akademisi, swasta, dan semua stakeholder terkait dalam mendukung pengembangan Desa Kreatif,” terang Staf Khusus Kementerian Pariwisata ini.

Makna dari Desa Kreatif adalah sebuah kawasan yang terletak di wilayah administratif desa/kelurahan yang masyarakatnya telah mengembangkan produk unggulan di satu atau lebih dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang memberikan nilai tambah dan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi desa.

"Fokus kemajuan dari pemberdayaan Desa Kreatif itu pada subsektor kriya, kuliner, fashion, maka saya yakin dengan berbagai potensi daerah yang ada di Kabupaten Kampar, apalagi dengan komitmen dari Pak Kamsol sebagai Penjabat Bupati Kampar dapat segera melaju pesat," terangnya.

Di Kabupaten Kampar telah diresmikan 50 desa menjadi desa kreatif oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Shalahuddin Uno hadir secara virtual dalam acara peresmian itu Menuju Desa ekonomi kreatif di Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Minggu (18/9/2022).

Pengembangan Pelaku Ekonomi Kreatif di berbagai desa di Indonesia terus didorong oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Salah satu daerah yang mendorong desa menjadi destinasi kreatif adalah Kabupaten Kampar.

Apresiasi pun diberikan oleh Menparekraf terhadap peresmian 50 Desa Kreatif di Kampar.

Sementara itu,Pj Bupati Kampar Kamsol yang ditunjuk sebagai Ketua DPD ADKI Riau menyampaikan bahwa, tujuan dibentuknya desa kreatif ini merupakan wujud dalam mendukung kemajuan pariwisata & Ekonomi kreatif di setiap desa yang ada di Kabupaten Kampar.

Ia pun berharap, dengan adanya Desa Kreatif ini, kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kampar tercipta.

"Semoga ke depan dengan adanya Desa kreatif, serta akan dipercaya sebagai ketua Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia Provinsi Riau, ini menjadi awal kemajuan pariwisata & Ekonomi kreatif di Kabupaten Kampar," kata Kamsol.

"Selain itu, mampu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui produk-produk unggulan yang ada di setiap desa yang bisa dijual yang disejalankan dengan Perbankan danmarketplace," tambahnya.

Kamsol menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua ADKI yang juga telah mendorong untuk perkembangan kemajuan daerah Kampar.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua ADKI Pusat yang sangat memperhatikan rencana pengembangan desa kreatif di Provinsi Riau, terkhusus di Kabupaten Kampar,"