Marwan Jafar Optimis Industri Kreatif Mampu Tingkatkan Ekonomi Desa

id marwan jafar, optimis industri, kreatif mampu, tingkatkan ekonomi desa

Marwan Jafar Optimis Industri Kreatif Mampu Tingkatkan Ekonomi Desa

Jakarta, (Antarariau.com) - Menteri Desa Pembangunan Deaerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Marwan Jafar optimistis industri kreatif akan mampu meningkatkan perekonomian di pedesaan.

"Kami optimistis karena banyak komoditas industri kreatif yang diproduksi oleh industri rumahan di desa-desa," ujar Marwan di Jakarta, Minggu.

Menurut Marwan, hampir di seluruh daerah terdapat desa-desa yang memiliki kegiatan ekonomi kreatif, seperti desa bordir di Tasikmalaya, desa kain songket di Bukittinggi, dan desa tenun di Wajo, Sulawesi Selatan.

Desa-desa tersebut memiliki potensi ekonomi kreatif yang dapat dikembangkan menjadi industri kreatif yang produktif dan berdaya saing.

"Hasil kreativitas perajin desa ternyata makin diterima oleh konsumen domestik dan global, ini adalah potensi besar yang tidak boleh disia-siakan, tentu harus terus kita kembangkan supaya perekonomian desa makin berkembang maju," katanya.

Ia mengatakan dukungan bagi pengembangan industri kreatif pedesaan dapat disinergikan dengan kegiatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta dapat didanai dari dana desa yang diberikan pemerintah pusat dan bantuan daerah.