Promosikan Riau, IsDB segera ke Riau

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Gubri

Promosikan Riau, IsDB segera ke Riau

Gubernur Riau Syamsuar diterima langsung Vice President, Finance, and Chief Financial Officer IsDB, Dr Zamir Iqbal (ANTARA/HO)

Jeddah (ANTARA) - Islamic Development Bank (IsDB) menyambut baik kehadiran Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar dan rombongan ke Kantor IsDB di Jeddah, Arab Saudi pada Selasa (20/09/2022) waktu setempat.

Gubri Syamsuar diterima langsung Vice President, Finance, and Chief Financial Officer IsDB, Dr Zamir Iqbal beserta jajaran.

Pihak IsDB bahkan berjanji segera datang ke Provinsi Riau.

"Kita membahas terutama soal pembangunan ekonomi dan keuangan syariah," urai Syamsuar usai pertemuan.

Setelah presentasi di depan tim IsDB, disepakati ada beberapa hal yang bisa dikerjasamakan.

Pertama, terkait tanah wakaf yang ada di Provinsi Riau akan dikembangkan menjadi tanah waqaf yang produktif.

"Salah satu lahan wakaf misalnya tanah di Simpang Sentral Komersil Arengka yang berada di pusat bisnis, yang luasnya lebih kurang 7,5 hektar dengan nilai lebih kurang 800 milyar," sebut Syamsuar.
Promosikan Riau, IsDB segera ke Riau (ANTARA/HO)


IsDB siap memberikan bantuan untuk pengembangan tanah ini menjadi pusat bisnis yang strategis, seperti Rumah Sakit Spesialis Jantung terbesar di Sumatera, pembangunan mall, hotel dan lainnya.

"Untuk itu Tim Pengembangan Waqaf IsDB akan segera berkunjung ke Riau dalam waktu dekat untuk mengkaji potensi dan kerjasama ini. Tim dari Pemprov Riau juga diminta menyiapkan master-plan pengembangan tanah ini untuk disampaikan ke tim IsDB yg akan turun ke lokasi," kata Syamsuar bersemangat.

Kedua, Pemprov Riau sudah menyiapkan lahan untuk industri halal dan IsDB berkenan membantu pengembangannya. Bahkan industri halal ini diazamkan menjadi rujukan bagi negera islam khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Terakhir, pihak IsDB sangat mengapresiasi langkah Gubri Syamsuar yang telah berhasil mengonversi Bank Riau Kepri menjadi BRK Syari'ah. "Kedepannya banyak hal yang bisa dikerjasamakan dan di-support oleh IsDB," pungkasnya.

Gubri Syamsuar datang ke IsDB antara lain didampingi Karo Kesra Zulkifli Syukur, Kadis LHK Ma'mun Murod, Ketua Badan Wakaf Indonesia Perwakilan Riau Abdul Rasyid Suharto dan akademisi Dr Satria Antoni. (Adv)