F-PKS DPRD Riau gelar lomba baca teks Proklamasi mirip Soekarno, ini pemenangnya

id DPRD Riau, Lomba Teks Proklamasi

F-PKS DPRD Riau gelar lomba baca teks Proklamasi mirip Soekarno, ini pemenangnya

Lomba baca teks proklamasi Fraksi PKS DPRD Riau (Diana/Antara).

Pekanbaru (ANTARA) - Fraksi PKS DPRD Riau menggelar kegiatan lomba baca teks Proklamasi mirip Suara Presiden Soekarno tahun 2022 di Ruang Fraksi PKS DPRD Riau, Selasa.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua DPW PKS Riau Ahmad Tarmizi didampingi Ketua Fraksi PKS DPRD Riau Markarius Anwar dan Anggota F-PKS Sofyan Siroj.

"Semoga acara ini sukses dan kita dapat mengirim utusan dari Provinsi Riau menuju nasional, dan menjadi juara," ujar Ketua DPW PKS Riau Ahmad Tarmizi.

Pihaknya menjaring peserta di tingkat provinsi yang akan dikirimkan ke tingkat nasional yang diperlombakan oleh fraksi PKS DPR RI.

Dia turut mengapresiasi Fraksi PKS DPRD Riau yang telah menaja acara tersebut. Ia meminta peserta untuk menghayati saat perlombaan.

"Ini bukan sekedar baca teks proklamasi, tapi lebih kepada penyadaran dan penghayatan. Penghayatan kita sebagai anak bangsa, karena ini merupakan ikrar pengumuman dari Bangsa Indonesia yang menandakan bahwa negara kita sudah merdeka," ucapnya.

"Kita tidak lagi berada di bawah ketiak penjajah, bukan lagi diambil kekayaannya dan kebijakannya berada di tangan anak bangsa, maka secara jelas disampaikan oleh Proklamator dan menyatakan kemerdekaan Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKS DPRD Riau, Markarius Anwar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat cinta negara dan bela negara.

"Sebelumnya kita sudah mengadakan seleksi online untuk tingkat kabupaten kota dan hari ini tersisa 6 finalis di tingkat provinsi," ujarnya.

Legislator dapil Siak-Pelalawan ini menilai antusias peserta sangat terlihat saat proses seleksi berlangsung. Hal ini berdasarkan banyaknya peserta yang mengirim video.

"Tahun ini pesertanya lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Kita laksanakan perlombaan ini sebagai wujud kecintaan kita kepada negara kesatuan Republik Indonesia, sebagai wujud bela negara," ucapnya.

"Dalam HUT RI ini tentu kita harus mengingat jasa pahlawan, terutama Proklamator, bapak Soekarno dan bapak Hatta. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, generasi muda di Provinsi Riau melek terhadap sejarah perjuangan bangsa," sambungnya.

Dari hasil penilaian dewan juri yang dipimpin oleh Ketua Fraksi PKS diputuskan juara 1 diraih oleh Tegar Nuri Wantoro asal Bengkalis, juara 2 Abdul Hadi asal Indragiri Hilir, juara 3 MD Nafri Zulirfan asal Siak.

Lalu, juara harapan 1 diraih oleh Riky Ardiansyah asal Indragiri Hulu, juara harapan 2 diraih Nuri Andre Lambaba asal Pekanbaru, juara harapan 3 Dwi Argi Al Qausar asal Pekanbaru.

Markarius Anwar mengatakan bahwa semua peserta yang mengikuti lomba adalah terbaik, namun panitia harus memilih yang paling terbaik.

Juara 1 Lomba Baca Teks Proklamasi Tegar Nuri Wantoro akan mewakili Provinsi Riau untuk mengikuti lomba tingkat Nasional yang dilaksanakan Fraksi PKS DPR RI.