Putra Pekanbaru dan rekannya ciptakan aplikasi pembelajaran bahasa asing

id LingoTalk

Putra Pekanbaru dan rekannya ciptakan aplikasi pembelajaran bahasa asing

Tim aplikasi pembelajaran bahasa asing Lingo talk.(ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Bermula dari keresahan komunitas pertukaran bahasa di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, pemuda asal Pekanbaru dan rekannya berhasil menciptakan sebuah aplikasi atau start up belajar bahasa asing bernama LingoTalk.

Co-Founder dan Chief Product Officer LingoTalk Hardi Wijaya yang juga putra daerah Pekanbaru, Jumat, menjelaskan ide tersebut terbersit saat melihat peluang akan tingginya kebutuhan pembelajaran bahasa asing yang di kalangan masyarakat, khususnya bagi pelajar.

"Akhirnya kita lanjutin sampai tiba-tiba pandemi datang sehingga kita tak bisa bertatap muka. Namun kebutuhan belajar bahasa asing masih ada, sehingga terciptalah platform pembelajaran bahasa asing LingoTalk yang berkembang sampai saat ini," terangnya.

Lingo Talk sendiri merupakan platform pembelajaran bahasa Indonesia pertama yang disertifikasi oleh Education Alliance Finland (EAF), Selasa (26/7) di Jakarta. EAF ialah perusahaan layanan sertifikasi yang didedikasikan untuk mengevaluasi kualitas solusi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis ilmiah yang dikembangkan oleh para peneliti dari University of Helsinki dan pakar EdTech.

Hingga saat ini, Lingo Talk merupakan EdTech Indonesia pertama untuk segmen pembelajaran bahasa yang disertifikasi oleh EAF. Mendapatkan sertifikasi EAF dianggap suatu prestasi yang mencerminkan kualitas tertinggi dalam pedagogi dan kemajuan teknologi.

Aplikasi yang dibuat Hardi dan rekannya ini juga mendapatkan predikat penilaian Aspek Kualitas Pendidikan Tinggi dalam pendekatan menciptakan ruang aman bagi anak-anak untuk belajar dan memberikan dukungan yang kuat untuk guru dalam kegiatan belajar-mengajar.

"Kami telah melalui beberapa proses iterasi untuk meningkatkan pedagogi dan keseluruhan kualitas pembelajaran. Dalam prosesnya, kami juga mencari cara terbaik untuk mewujudkan dampak pendidikan yang cepat dan terukur," ujar CEO dan Founder Lingo Talk Andre Benito.

Lanjutnya EAF juga memberikan pendekatan evidence-based yang baik untuk mengevaluasi pendidikan.

"Tidak ada cara yang lebih baik untuk memastikannya selain membandingkan solusi kami dengan yang terbaik di luar sana dalam pendidikan bahasa anak usia dini," ucapnya.

Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan fitur dan fungsi platform agar selaras dengan kebutuhan sekolah yang terus berkembang.

"Dengan didapatkannya sertifikasi dari EAF, LingoTalk berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan untuk digunakan oleh anak-anak melalui sekolah," tutup Andre.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2022