Bocor di lima titik, PDAM Pekanbaru janjikan perbaikan dalam tiga hari

id PDAM, bocor, di lima titik, PDAM, Pekanbaru, janjikan, perbaikan,dalam, tiga,hari

Bocor di lima titik, PDAM Pekanbaru janjikan perbaikan dalam tiga hari

Ilustrasi petugas PDAM saat melakukan perbaikan pipa bocor. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Pekanbaru (ANTARA) - Viralnya video pipa bocor milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Siak Kota Pekanbaru di media sosial, membuat perusahaan milik daerah itu komit akan lakukan perbaikan dalam tiga hari.

Direktur Utama Tirta Siak Agung Anugrah mengatakan setelah dicek ke lapangan ada kebocoran akibat pipa pecah di Jalur Distribusi Utama (JDU) pada lima titik.

"Kita kembali dihadapkan dengan kebocoran pipa-pipa yang kemudian berdampak kepada suplai air ke masyarakat Kota Pekanbaru," kata Direktur Utama Tirta Siak Agung Anugrah di Pekanbaru, Rabu.

Lima titik pipa pecah tersebut berada di Jalan Sudirman sebanyak satu titik, Jalan Imam Bonjol pipa 300 mm pecah sebanyak tiga titik dan di jalan Cempaka 400 mm sebanyak satu titik.

PDAM sudah mengadakan pertemuan bersama dengan tim teknis Tirta Siak dan Tirta Madani untuk membahas terkait seringnya kebocoran yang terjadi pada pipa JDU.

"Hasilnya perbaikan segera dilakukan dan ditargetkan selesai tiga hari, secara teknis ada beberapa jaringan utama dialihkan guna mengantisipasi ke depannya," katanya.

Sementara, General Manager Technic and Service Endrianto menjelaskan yang dimaksud dari pengalihan adalah ditutupnya beberapa aliran air pada pipa-pipa yang berada pada jalan-jalan tertentu.

"Menutup aliran ke Jalan Melur dan Cempaka di Simpang Kulim seperti Jaringan Distribusi Pembagi (JDB) 150 mm Melur yang bersumber dari JDU 400 ACP (Asbestos Cement Pipe) atau disebut dengan pipa asbes., serta interkoneksi Jaringan 150 ACP dengan 150 PVC di Jalan Kenanga," ungkap Endrianto.

Ia mengatakan penyebab sering terjadinya kebocoran yang terjadi pada pipa-pipa PDAMTirta Siak karena saat ini fokus Tirta Siak dan Tirta Madani untuk uji coba pada rehab jaringan baru yang sedang dilaksanakan.

Terkait dengan kebocoran di Jalan Imam Bonjol, dikatakan Endrianto merupakan hasil uji coba yang dilakukan terhadap interkoneksi pipa JDU baru dengan eksisting untuk mencegah kebocoran pada pipa JDU lama.

"Untuk kebocoran di Imam Bonjol di Lakukan Penutupan Valve menjelang Accesories Tersedia," kata Endrianto.

Dampak terhadap suplai air kepada pelanggan Tirta Siak untuk beberapa hari ke depan hingga Kamis akan terdampak pada kualitas air yang lemah hingga tidak adanya suplai air kepada pelanggan.

"Terkait dengan hal ini, Tirta Siak akan segera menyiapkan water tanker yang didukung oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau," tukasnya.\