Rombongan motor besar lintasi Tol Pekanbaru-Bangkinang, polisi sebut sudah kantongi izin

id Tol Pekanbaru-Bangkinang ,Ditlantas Polda Riau

Rombongan motor besar lintasi Tol Pekanbaru-Bangkinang, polisi sebut sudah kantongi izin

Penampakan saat moge lintasi Tol Pekanbaru-Bangkinang. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Rombongan konvoi motor gede (moge) melintasi Tol Pekanbaru-Bangkinangpada Sabtu (2/7) dengan dikawal oleh tim dari Ditlantas Polda Riau.

Hal ini sontak mengundang keheranan masyarakat sebab jalan bebas hambatan tersebut khusus untuk mobil dan tak boleh dilalui oleh sepeda motor. Ditambah lagi jalan tersebut belum resmi dioperasionalkan.

Direktur Lalu Linntas Polda Riau Kombes Pol Firman Darmansyah saat dikonfirmasi, Minggu, menyebutkan konvoi moge itu merupakan peserta Event Nasional Sumatra Bike Week di Sumatra Barat. Ia pun menilai tak ada salahnya moge melintasi jalan tol yang belum diresmikan.

"Kalau menurut saya boleh saja, karena Tol Bangkinang kan belum diresmikan. Sama halnya seperti Tol Dumai dulu sebelum diresmikan masih boleh dipakai buat alternatif sepeda motor. Bahkan, sepeda balap pun masih boleh masuk, kecuali tol tersebut sudah diresmikan, tentu sepeda motor tidak boleh masuk," ucapnya beralasan.

Disampaikan Firman bahwa rombongan pemotoryang melintasiTol Pekanbaru-Bangkinang sudah mengantongi izin dari pihak pengelola jalan yakni PT HutamaKarya (HK).

"Selama dapat ijin dari pihak HK bisa saja, tak masalah. Sebab jalan Tol Bangkinang belum resmi dan masih kosong. Terlebih lagi, mereka ikut acara undangan Sumatera bike week di Sumatera barat, eventnasional. Jadi, bukan mau hura-hura atau mau gaya gayaan," lanjut Firman.

Terpisah, Branch Manager Ruas Tol Permai Indrajana juga menyebut hal itu tidak menjadi masalah karena Tol Pekanbaru-Bangkinang memang belum beroperasi.

"Intinya, yang pasti bukan di Tol Pekanbaru-Dumai yang sudah beroperasi," ungkap Indrajana mengakhiri.