Petinggi Riau tinjau arus mudik di Tol Bangkinang-Pekanbaru

id Kapolda Riau,Pj gubri

Petinggi Riau tinjau arus mudik di Tol Bangkinang-Pekanbaru

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama Pj Gubri SF Hariyanto dan Danrem Wirabima Brigjen TNI Dany Rakca A saat diwawancarai awak media usai meninjau arus mudik di Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang. (ANTARA/HO-Polda Riau)

Kampar (ANTARA) - Kepala Polda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama Danrem Wira Bima Brigjen TNI DanyRakcaA, Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto dan Forkopimda meninjau pos pengamanan dan pos pelayanan Operasi Ketupat 2024 di Area KM 36 Tol Sungai Pinang, Kabupaten Kampar, Jumat.

Dalam peninjauan tersebut Irjen Iqbal menjelaskan tugas pokok pos pengamanan yaitu melaksanakan Operasi Ketupat Lancang Kuning hingga 16 April mendatang.

“Personel gabungan ini melaksanakan tugas pengamanan, pengaturan, penjagaan, patroli, rekayasa arus lalulintas untuk mengurangi kemacetan serta pelayanan kesehatan dan info pelayanan mudik kepada masyarakat yang melaksanakan mudik," terang Irjen Iqbal.

Pihaknya ingin menjamin masyarakat aman dalam merayakan Idul Fitri 1444 H dan arus mudik dan balik lancar. Selain itu Kapolda menilai penting pula untuk menurunkan jumlah pelanggaran serta fatalitas korban kecelakaan lalulintas.

Dalam bertugas pihaknya akan bertindak dengan melaksanakan pengaturan di titik-titik kepadatan arus lalu lintas.

“Beberapa yang perlu digarisbawahi pertama antisipasi kecelakaan, jangan sampai ada kecelakaan. Ini penting karena menyangkut keselamatan harta benda bahkan nyawa masyarakat pengguna jalan,” pesan Irjen Iqbal.

Mencegah hal itu, Irjen Iqbal menekankan agar seluruh anak buahnya aktif menggelar patroli dan melakukan sosialisasi.

“Saya juga ingin meminta masyarakat juga membantu kita. Jalan tol memang jalan bebas hambatan, tapi tetaplah ikuti aturan. Periksa dulu kelayakan kendaraan bermotor untuk selamat dalam perjalanan,” tutup Irjen Iqbal. Sementara Pj Gubernur Riau SF Hariyantobersyukur ruas tersebut dibuka pada hari ini sampai tanggal 16 April. Ini dibuka dari jam pagi hingga 17.00 WIB.

"Kita khawatir jika malam hari takutnya bisa menyebabkan kecelakaan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR. Karena telah memberikan kebijakan terhadap untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran dengan memberikan fasilitas dibukanya ruas jalan tol Bangkinang-Tanjung Alai,” lanjutnya.